Jokowi Bakal Segera Operasikan Dua Ruas Jalan Tol Pekan Ini

Presiden Joko Widodo bakal meresmikan dua ruas jalan tol baru dalam waktu dekat. Kedua ruas jalan tol yang akan diresmikan itu, yakni Jalan Tol Indralaya – Prabumulih sepanjang 64,50 kilometer yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dan Jalan Tol Cinere – Serpong sepanjang 10,14 Km

Alifian Asmaaysi

24 Okt 2023 - 15.01
A-
A+
Jokowi Bakal Segera Operasikan Dua Ruas Jalan Tol Pekan Ini

Jalan Tol Trans Sumatra. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Presiden Joko Widodo bakal meresmikan dua ruas jalan tol baru dalam waktu dekat. Kedua ruas jalan tol yang akan diresmikan itu, yakni Jalan Tol Indralaya – Prabumulih sepanjang 64,50 kilometer yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dan Jalan Tol Cinere – Serpong sepanjang 10,14 Km yang menghubungkan Tangerang Selatan dengan Depok.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja pada Rabu (25/10/2023) ke Sumatra Barat (Sumbar) dan Kamis (26/10/2023) ke Palembang, Sumatra Selatan. Menurutnya, dalam sisa 1 tahun masa pemerintahannya akan terus mendorong proyek infrastruktur.

“Mungkin hari Kamis nanti [meresmikan] dari Palembang – Prabumulya. Kan hari Kamis beliau [Jokowi] ke sana,” ujarnya dikutip Selasa (21/10/2023).

Jokowi juga dijadwalkan akan meresmikan Tol Serpong – Cinere yang telah selesai dibangun namun belum dioperasikan.  

“Kalau Serpong – Cinere saya kira sudah [rampung] 8,8 km itu, sebetulnya bisa buka [dulu] saja enggak apa-apa kan? [Untuk diresmikan], ya nanti akan dilaporkan dulu Selasa (24/10) besok, tetapi yang pasti yang Kamis (26/10/2023) meresmikan yang Prabumulih. Karena kan [Jokowi] Rabu ke Sumbar, Kamis ke Palembang,” kata Basuki. 

Adapun jalan Tol Prabumulih – Indralaya telah dioperasikan tanpa tarif sejak 30 Agustus 2023. Ruas tol tersebut merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya - Muara Enim dengan total panjang mencapai sekitar 119 km. Proyek tersebut terbagi menjadi dua seksi, yakni seksi 1 Prabumulih – Simpang Indralaya sepanjang 64,5 Km dan seksi 2 Prabumulih – Muara Enim sepanjang 54,5 Km. 

Jalan tol tersebut melewati wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim, dan Kota Prabumulih yang dilengkapi dua Simpang Susun, 1 Gerbang Tol, dan 2 Rest Area Tipe A. Pada ruas tol yang dirancang untuk kecepatan 100 km per jam itu juga terdapat 18 jembatan.

Kemudian untuk ruas Serpong – Cinere terbagi dalam 2 seksi yakni seksi 1 Serpong – Pamulang yang telah terlebih dulu beroperasi pada 2021 lalu dan seksi 2 Pamulang – Cinere sepanjang 3,64 Km yang konstruksinya telah rampung 100% akan segera dioperasikan dalam waktu dekat. Dengan nantinya dioperasikannya seksi 2 ini, maka Jalan Tol Serpong – Cinere akan beroperasi penuh. 

Dengan tersambungnya Jalan Tol Serpong – Cinere sepanjang 10,14 Km ini, maka akan semakin mempercepat perjalanan masyarakat dari dan menuju wilayah Cinere, Pamulang, Serpong dan sekitarnya, hingga Bandara Soekarno-Hatta.

Konstruksi untuk Jalan Tol Serpong Cinere Seksi 2 Pamulang – Cinere telah rampung 100% sejak akhir 2021 lalu dan uji laik fungsi telah dilakukan pada Mei 2022 serta telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada September 2023. Target jadwal pengoperasian jalan tol ini juga menyesuaikan dengan beroperasinya Jalan Tol Cinere – Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut – Limo yang dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) yang saat ini juga telah rampung.

Baca Juga: Jalan Tol JORR Elevated Cikunir–Ulujami 21,6 Km Segera Dibangun



Pacu Konektivitas

Sementara itu, Jokowi juga mengungkapkan jelang 10 tahun kepemimpinannya, Indonesia telah membangun lebih dari 2.000 Km jalan tol. Informasi tersebut disampaikan Jokowi saat menghadiri agenda High Level Forum Connectivity in an Open Global Academy di China National Convention Center, Beijing, China, Rabu (18/10/2023).

“Saya juga memaparkan pembangunan konektivitas yang telah dilakukan Indonesia sembilan tahun terakhir, bahwa sampai akhir 2023 ini Indonesia membangun lebih 2.000 kilometer jalan tol,” ucapnya. 

Menurutnya, Indonesia belakangan aktif mengebut berbagai pembangunan infrastruktur. Mulai dari membangun jalan-jalan non-tol, pelabuhan, hingga pembangunan sejumlah bandara baru.

Tidak hanya aktif membangun proyek infrastruktur besar, tambah Jokowi, Indonesia juga masif menggarap pembangunan infrastruktur kecil di seluruh desa di Tanah Air seperti lebih dari 320.000 km jalan desa hingga 1,7 juta meter jembatan.

Di samping itu, konektivitas digital juga terus digenjot pengembangannya guna menjangkau berbagai daerah terluar atau perbatasan serta fasilitas layanan masyarakat seperti pendidikan hingga kesehatan.

“Semua itu dapat mendongkrak daya saing ekonomi dan investasi Indonesia, serta menjadi fundamental yang kokoh dan berkelanjutan,” tutur Jokowi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.