Free

Jokowi Resmikan Jalan Inpres di Gorontalo Senilai Rp161 Miliar

Pemerintah telah menganggarkan Rp15 triliun untuk perbaikan jalan daerah lewat Inpres tahun 2024.

Akbar Evandio

23 Apr 2024 - 13.46
A-
A+
Jokowi Resmikan Jalan Inpres di Gorontalo Senilai Rp161 Miliar

Jalan inpres Gorontalo

Bisnis, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Provinsi Gorontalo yang menelan biaya hingga Rp161 miliar pada Senin (22/4/2024).

Orang nomor satu di Indonesia itu menjelaskan langkah pemerintah dalam meresmikan pelaksanaan inpres jalan daerah di Provinsi Gorontalo merupakan bagian untuk meningkatkan konektivitas dan produktivitas di daerah.

Jokowi menekankan pentingnya infrastruktur jalan untuk mendukung produksi lokal seperti kelapa dan jagung. 

“Kalau di sini ada produksi kelapa, ada produksi jagung, kalau enggak ada jalan mau dibawa ke mana? Jalan sangat penting untuk menaikkan produktivitas di sebuah daerah,” ujarnya saat acara peresmian di Kecamatan Dulupi, Kabupaten Boalemo, dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (23/4/2024).

Provinsi Gorontalo telah menerima dana sebesar Rp161 miliar yang dialokasikan untuk pembangunan lima ruas jalan dengan total panjang 46 kilometer (km). Jalan-jalan tersebut melintasi tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Boalemo, Kabupaten Gorontalo, dan Kabupaten Gorontalo Utara.

Baca Juga: Pemerintah Pusat Berjibaku Atasi Krisis Jalan Rusak di Daerah

Adapun 5 ruas jalan daerah yang ditangani melalui IJD adalah  Simpang 3 Trans Polohingo – Langge di Kabupaten Boalemo sepanjang 7 km dengan anggaran sebesar Rp44,3 miliar. Kemudian Ruas Molingkapoto – Simpang Kwandang/Bypass Moluo – Malingkapoto di Kabupaten Gorontalo Utara sepanjang 4,4 km dengan biaya Rp49,3 miliar.

Selanjutnya 3 ruas di Kabupaten Gorontalo yakni Jalan Pongongaila-Tumba Ayumolingo 4,4 km dengan biaya Rp16 miliar, Jalan Runi Hemeto (Pongongaila – Buhu) 4,2 km dengan biaya Rp16,1 miliar, dan Jalan Mulyonegor – Karya Mukti sepanjang 18,3 km dengan biaya Rp27,1 miliar.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut bahwa pemerintah telah menganggarkan Rp15 triliun untuk perbaikan jalan daerah lewat Inpres tahun 2024.

Pemerintah telah mengucurkan hingga Rp14,6 triliun untuk kebutuhan perbaikan jalan di berbagai daerah sepanjang 2023.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.