Free with Login

Jokowi Ungkap Kekuatan Indonesia yang Tak Dimiliki Negara Lain

Indonesia memiliki kekuatan besar dalam mengembangkan energi terbarukan karena memiliki 4.400 sungai yang bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Selain itu, potensi energi panas bumi atau geothermal di Indonesia mencapai 29.000 MW.

Ibeth Nurbaiti

1 Mar 2022 - 20.00
A-
A+
Jokowi Ungkap Kekuatan Indonesia yang Tak Dimiliki Negara Lain

Presiden Jokowi menghadiri pembukaan Rapat Pimpinan TNI dan POLRI Tahun 2022 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur pada Selasa (1/3/2022). (ANTARA/Agus Suparto)

Bisnis, JAKARTA — Energi hijau atau energi terbarukan yang ramah lingkungan menjadi kekuatan Indonesia yang tidak dimiliki negara lain.

Dari sisi potensi, Indonesia diyakini masih menyimpan sebanyak 3,6 gigawatt (GW) energi baru terbarukan yang bersumber dari surya, hidro, bioenergi, angin, panas bumi, dan juga laut.

Sayangnya, utilisasi EBT hingga saat ini baru mencapai 11,15 megawatt (MW) atau 0,3 persen dari total potensi yang ada.

Presiden Joko Widodo menyebutkan potensi energi hijau ini menjadi kekuatan Indonesia yang tidak dimiliki negara lain. “Ada angin, ada arus bawah laut, ada panas permukaan laut, semuanya bisa untuk energi hijau, ada tenaga surya matahari. Ini kekuatan negara ini [Indonesia] yang negara lain tidak punya,” kata Presiden saat menghadiri Pembukaan Rapat Pimpinan TNI-Polri Tahun 2022 di Mabes TNI Cilangkap, dikutip Antara, Selasa (1/3/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.