Jug Gijag Gijug, Rencana Mogok Pekerja Kereta Ancam Ekonomi AS

Perekonomian AS bisa kehilangan US$2 miliar per hari jika para pekerja kereta api jadi melakukan aksi mogok kerja. Selain mengganggu pengiriman batu bara negara dan pasokan air minum. pemogokan juga akan berpengaruh pada layanan kereta penumpang dan pengiriman barang.

Saeno

25 Nov 2022 - 13.59
A-
A+
Jug Gijag Gijug, Rencana Mogok Pekerja Kereta Ancam Ekonomi AS

Ilustrasi - Rangkaian Kereta Api Amerika Serikat saat melintasi terowongan di Zephyr Mountain, California. Ancaman pemogokan pekerja perkeretaapian berpotensi mengganggu perekonomian Amerika Serikat./amtrak.com

Bisnis, JAKARTA – Pemerintahan Joe Biden dibuat was-was dengan ancaman mogok kerja serikat pekerja kereta api Amerika Serikat. Perekonomian AS bisa kehilangan US$2 miliar per hari jika para pekerja kereta api  jadi melancarkan aksi mogok mereka. 

Pemogokan pekerja kereta api  dapat mengganggu pengiriman batu bara negara dan pasokan air minum AS. Hal itu juga akan berpengaruh pada layanan kereta penumpang dan pengiriman barang saat liburan tiba.

Jika meminjam istilah pada lagu dangdut Kereta Malam yang dipopulern Elvi Sukaesih, Soimah, dan Juwita Bahar, ekonomi AS sedang menuju periode jug gijag gijug.

Kata-kata jug gijag gijug sendiri sebetulnya tidak memiki arti selain sebagai onomatope dari bunyi kereta api yang sedang bergerak. Sebagai catatan, onomatope, yang berasal dari Bahasa Yunani, adalah kata atau sekelompok kata yang menirukan bunyi-bunyi dari sumber yang digambarkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.