Jumlah Kendaraan Tol Trans Sumatra Selama Nataru Capai 1,27 Juta

PT Hutama Karya (Persero) mencatat sebanyak total 1,27 juta kendaraan melintas di seluruh ruas yang berada di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) selama periode Natal dan tahun baru mulai 18 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Yanita Petriella

4 Jan 2023 - 13.43
A-
A+
Jumlah Kendaraan Tol Trans Sumatra Selama Nataru Capai 1,27 Juta

ilustrasi tol Trans Sumatra

Bisnis, JAKARTA – PT Hutama Karya (Persero) mencatat sebanyak total 1,27 juta kendaraan melintas di seluruh ruas yang berada di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) selama periode Natal dan tahun baru mulai 18 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menjelaskan angka tersebut merupakan akumulasi dari 9 (sembilan) ruas yang telah dioperasikan yakni Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter), Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka), Palembang – Indralaya (Palindra), Bengkulu – Taba Penanjung, Pekanbaru – Dumai (Permai), Pekanbaru – Bangkinang, Medan – Binjai, Binjai – Stabat dan Sigli – Banda Aceh (Seksi 2, 3 & 4).

Koentjoro menjelaskan mengatakan bahwa trafik tersebut mengalami pertumbuhan hingga 120 persen jika dibandingkan momen Nataru tahun lalu.

“Realisasi tersebut diluar dari trafik Tol Pekanbaru-Bangkinang dan Tol Bengkulu-Taba Penanjung yang baru beroperasi di tahun ini kami perkirakan peningkatan trafik ini dipengaruhi oleh kelonggaran kebijakan PPKM,” ujarnya dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (4/1/2023).

Koentjoro juga menambahkan bahwa jalan tol yang memiliki pertumbuhan trafik paling tinggi selama momen Nataru ini yaitu Tol Sigli - Banda Aceh dengan kenaikan pertumbuhan hingga 281 persen.

Baca Juga: Hutama Karya Peroleh Suntikan PMN Bangun Jalan Tol Trans-Sumatra


Hutama Karya telah memprediksi ruas tersebut menjadi yang paling banyak dilintasi karena tol tersebut menjadi yang memiliki pertumbuhan paling tinggi yang pada Nataru tahun lalu sebanyak 10.000 tercatat sebanyakkendaraan.

“Tahun ini bertambah menjadi hampir 30.000 kendaraan. Pertumbuhan tersebut diperkirakan dampak dari tersambungnya seksi baru di tahun ini yaitu seksi 2,” jelasnya.

Adapun, selama arus balik hingga (02/01/2023) kemarin juga tercatat cukup seimbang dengan banyaknya kendaraan arus mudik.

“Untuk kendaraan yang melintas ke arah balik tercatat lebih dari 1,28 kendaraan. Dengan demikian berarti pemudik yang melakukan perjalanan balik cukup seimbang dan sesuai dengan berakhirnya libur cuti bersama Nataru 2022/2023,” terang Koentjoro.

Sebelumnya, Hutama Karya memprediksi kenaikan volume lalu lintas di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) saat libur Natal dan tahun baru (Nataru) mencapai 16 persen jika dibandingkan dengan volume lalu lintas harian periode normal.

EVP Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji menjelaskan untuk trafik ruas yang diprediksi meningkat paling tinggi saat Nataru bakal terjadi di Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dengan pertumbuhan mencapai lebih dari 19 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas normal.

“Hutama Karya memprediksi lalu lintas di ruas JTTS yang dikelola Hutama Karya pada momen Nataru mengalami pertumbuhan lebih dari 16 persen jika dibandingkan dengan pada lalu lintas normal sebelum momen Nataru ini,” ucapnya. (Muhammad Ridwan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.