Jurus Himbara Penuhi Target Kredit UMKM Jokowi

Bank-bank BUMN menjabarkan jurus mereka masing-masing untuk memperbesar porsi kredit UMKM di bank mereka, menyusul sentilan Presiden Jokowi yang menginginkan penyaluran kredit UMKM lebih dipermudah agar dapat tumbuh lebih pesat.

Arlina Satiti Mugi Laras

12 Des 2023 - 19.51
A-
A+
Jurus Himbara Penuhi Target Kredit UMKM Jokowi

Bisnis, JAKARTA — Presiden Joko Widodo kembali mengungkapkan keprihatinannya terhadap realisasi penyaluran kredit untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang masih sangat kecil dan meminta semua pemangku kepentingan memikirkan strategi guna mengerek segmen ini.

Menanggapi hal tersebut, kalangan perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) atau bank-bank BUMN pun membeberkan strategi mereka masing-masing untuk memacu pertumbuhan portofolio kredit UMKM.

Tercatat, penyaluran kredit UMKM Tanah Air baru menyentuh 21% dari total kredit. Capaian ini masih tertinggal jauh dibandingkan dengan negara lain seperti China yang mencapai 65%. Lalu, Jepang 65% dan India di level 50%.

Dirinya pun tak segan-segan mendorong Kementerian BUMN, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa keuangan (OJK) untuk menjadikan semua kredit UMKM bisa dilakukan tanpa agunan. Hal ini dilakukan, lantaran tidak semua UMKM memiliki aset agunan dan kolateral.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Jurus Himbara Penuhi Target Kredit UMKM Jokowi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.