Free

Jurus IAPI Dorong Kualitas Profesionalisme Akuntan RI

Saat ini jumlah akuntan publik di Indonesia sebanyak 1.598 orang namun belum sebanding dengan kebutuhan

Redaksi

2 Mei 2024 - 12.41
A-
A+
Jurus IAPI Dorong Kualitas Profesionalisme Akuntan RI

Ilustrasi pekerja. /ilustrasi

Bisnis, JAKARTA – Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) terus memperkuat kompetensi dan kredibilitas akuntan di Indonesia. 

Ketua Umum IAPI Hendang Tanusdjaja mengatakan pihaknya terus memperkuat kualitas profesi akuntan dengan terus menyelenggarakan pengambilan sumpah dan janji. 

“Bukan hanya pertumbuhan akuntan publik di Indonesia saja yang dikejar, tetapi kualitas akuntan publik juga sangat penting. Karena itu, saya selalu mengingatkan bahwa profesi akuntan publik sebagai trusted professional harus senantiasa menjalankan praktik bukan saja sesuai perundang-undangan di Indonesia, melainkan juga sesuai dengan kode etik profesional akuntan publik dan standar profesional akuntan publik yang menggunakan rujukan dari IAASB-IFAC,” ujarnya, Kamis (2/5/2024). 

Imbauan peningkatan kompetensi ini tidak lepas dari telah ditandatanganinya Asean Mutual Recognition Arrangement Framework on Accountancy Services (MRA Framework), di mana anggota IAPI yang telah memiliki gelar Certified Public Accountant (CPA) dapat berkiprah pada bidang akuntansi di tingkat regional ASEAN. Tentu saja harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, salah satunya adalah tergabung dalam Asean Chartered Professional Accountant (Asean CPA) yang dapat mendaftar melalui IAPI.

IAPI juga menyelenggarakan Pelatihan Profesional Berkelanjutan (PPL) bagi para akuntan publik. PPL bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para akuntan publik dengan membahas isu-isu terkini di bidang akuntansi dan keuangan.

Baca Juga: Optimisme Kinerja Industri Tekstil setelah PHK 1 Juta Pekerja

PPL ini sangat penting untuk memastikan para akuntan publik selalu up-to-date dengan perkembangan terbaru di bidang audit dan asurans, termasuk sustainability assurance serta jasa non-assurance di bidang akuntansi, keuangan, dan perpajakan. Dengan mengikuti PPL, para akuntan publik diharapkan dapat memberikan layanan terbaik kepada klien mereka,” ucap Hendang. 

Ketua Komite Keanggotaan dan Advokasi IAPI Menurut Habib Basuni menuturkan saat ini jumlah akuntan publik di Indonesia sebanyak 1.598 orang namun belum sebanding dengan kebutuhan. Artinya, profesi yang satu ini masih sangat menjanjikan karena pasar akuntan publik belum tergarap sepenuhnya.

Pangsa pasar akuntan publik masih sangat terbuka lebar tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.