Kabar Daftar Mobil Listrik Esemka yang Bakal Mejeng di IIMS 2023

Berembus kabar PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka akan bermain di segmen mobil listrik untuk pasar Indonesia. Bahkan, foto-foto yang diduga sebagai mobil listrik Esemka beredar luas di grup WhatsApp mulai Kamis pekan lalu.

Jaffry Prabu Prakoso

6 Feb 2023 - 11.55
A-
A+
Kabar Daftar Mobil Listrik Esemka yang Bakal Mejeng di IIMS 2023

Mobil Esemka di pabriknya, PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali Jawa Tengah. /Bisnis-Chamdan Purwoko

Bisnis, JAKARTA – PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka mengonfirmasi akan ikut sebagai peserta pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 16 Februari -28 Februari 2023.

"Benar kami Esemka ikut di IIMS tahun ini sesuai pemberitaan dari Dyandra," kata Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya kepada Bisnis pekan lalu.

Di saat yang sama, berembus kabar PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka akan bermain di segmen mobil listrik untuk pasar Indonesia. Bahkan, foto-foto yang diduga sebagai mobil listrik Esemka beredar luas di grup WhatsApp mulai Kamis pekan lalu.


Salah satu mobil yang diproduksi Esemka. /Solopos



Setidaknya ada lima foto yang beredar, terdiri dari Esemka Neta U dan Esemka Neta V. Adapun mobil listrik tersebut merupakan keluaran Hozon Auto dengan tulisan Esemka.

Hozon Auto sendiri merupakan pabrikan asal China yang berdiri pada 2014 dan mulai mengenalkan mobil listrik konsepnya pada 2017. Model pertama diproduksi satu tahun kemudian yakni Neta N01.

Namun, kehadiran Neta N01 tak berlangsung lama. Pasalnya, pada 2019, Hozon akhirnya mengeluarkan model baru yang menyerupai sport utility vehicle (SUV), yakni Neta U dan kemudian Neta V dan menghentikan produksi Neta N01 pada 2020.

Baca juga: Mengegas Adopsi Kendaraan Listrik di Tanah Air

Namun ketika ditanya apakah perusahaan akan mengeluarkan mobil listrik dan ikut bermain di segmen tersebut untuk pasar Indonesia, Eddy masih enggan memberikan komentar.

"Untuk pertanyaan lain nanti akan kita jawab bersama saat pameran nanti," ujarnya.

Sementara itu, PT Dyandra Promosindo juga memastikan Esemka akan ikut IIMS tahun ini. Nama Esemka masuk di antara brand-brand populer seperti Toyota, Mitsubishi, Suzuki, Hyundau, Honda, Subaru, Wuling, dan lainnya. Esemka akan menempati Hall A Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

Baca juga: Selangkah Menuju Elon Musk Kucurkan Modal di RI

Sedangkan Brand merek roda dua adalah Astra Honda Motor, Benelli-Keeway, Energica, Husqvarna, Italjet, Kawasaki, KTM, Moto Bologna Passione (MBP), Niu, Royal Alloy, Royal Enfield dan Yamaha. Brand kendaraan listrik roda dua diikuti oleh Alva, Gelis, Gesits, Ion Mobility, Ofero, Polytron, Rakata, Selis, Smartby, dan United.

IIMS 2023 menghadirkan total 145 peserta dengan 45 di antaranya merupakan merk kendaraan roda empat, roda dua, dan kendaraan listrik. 


Mengusung tema BOOST (Bringing Opportunity for Otomotive Society Together), IIMS 2023 mewadahi ruang temu bagi pelaku bisnis, komunitas, dan konsumen, bahkan IIMS telah menjadi rantai ekosistem baru bagi industri otomotif Indonesia. 

Dyandra Promosindo selaku penyelenggara optimis menghadirkan 400.000 pengunjung dalam 11 hari, dengan target transaksi senilai 3,8 Triliun rupiah. (Rahmi Yati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.