Free

Kabupaten Tangerang Jadi Percontohan Pengelolaan Daerah Pesisir

Inisiatif pengelolaan daerah pesisir di Kabupaten Tangerang berhasil menyedot perhatian para delegasi Partnerships in Environmental Management for The Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) dari berbagai negara.

Nindya Aldila

3 Nov 2022 - 14.33
A-
A+
Kabupaten Tangerang Jadi Percontohan Pengelolaan Daerah Pesisir

Bupati Ahmed Zaki Iskandar bersama para delegasi Partnerships in Environmental Management for The Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) 2022. (Dok. istimewa)

Bisnis, JAKARTA - Upaya pengelolaan daerah pesisir di Kabupaten Tangerang berhasil menyedot perhatian para delegasi Partnerships in Environmental Management for The Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG).

Delegasi dari Kamboja, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam mengungkapkan apresiasi terhadap program Tangerang Initiative. 

Program tersebut mencakup penataan wilayah pesisir dan pantai di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, agar menjadi percontohan bagi anggota PNLG 2022. 

"Tangerang Initiative ini poin-poinnya sudah disepakati, dan mudah-mudahan ini bisa menjadi percontohan bagi seluruh anggota PEMSEA yang hadir secara langsung maupun secara online," kata Bupati Ahmed Zaki Iskandar yang juga Wakil presiden PNLG 2022 pada Jumat (28/10/2022).

Administrator Kota Liquica, Timor Leste, Pedro Paulo Gomes mengatakan rehabilitasi habitat mangrove di daerah pesisir patut diadopsi ke negara lain. Pasalnya, itu memberikan dampak baik bagi ekosistem laut dan menjadi nilai tambah ekonomi.

"Bicara soal lingkungan hidup yang sekarang sudah terkuras habis mangrove dari semua daerah, bagaimana membangun habitat-habitat yang rusak itu ke depan, sehingga dapat mempertahankan semua biota laut," katanya.

Hal senada disampaikan delegasi asal Filipina. Pengelolaan pengelolaan pesisir terpadu (ICM) di Desa Ketapang memberikan banyak perubahan. 

"Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Pemerintah Tangerang terhadap rehabilitasi lingkungan yang ada di sini," kata, Luis A. Awitan yang mewakili Batangas, sebuah provinsi di Filipina.

Penasihat pada Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB University, Luky Adrianto, menilai Tangerang Initiative yang diluncurkan Bupati Zaki akan memperkuat posisi ekonomi wilayah pesisir di Asia Timur.

PNLG Forum 2022 digelar di Kabupaten Tangerang, pada 25-29 Oktober 2022. Acara ini dihadiri 196 peserta dari 53 delegasi pemerintah daerah di sembilan negara dan lainnya hadir secara daring.

PNLG adalah Kemitraan Pemerintah Daerah dalam Pengelolaan Lingkungan Pesisir dan Lautan di Asia Timur yang terkonsentrasi dalam pembangunan pengelolaan pesisir dan lautan terpadu atau Integrated Coastal Management (ICM).

Manajemen wilayah pesisir yang dimaksud di antaranya pemberdayaan masyarakat, perlindungan lingkungan hidup, kebersihan, dan infrastruktur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.