Kala BPR Merangsek ke Layanan Digital

Kalangan BPR dan BPRS sudah cukup tertinggal di tengah akselerasi layanan keuangan digital. Oleh karena itu, sejumlah inisiatif untuk melebarkan sayap BPR dan BPRS ke ranah digital pun mulai ditempuh, baik oleh BPR/BPRS itu sendiri, maupun oleh pihak ketiga, hingga OJK.

Emanuel Berkah Caesario

17 Des 2022 - 14.00
A-
A+
Kala BPR Merangsek ke Layanan Digital

Kasir Bank Perkreditan Rakyat (BPR) menghitung uang rupiah. /Bisnis.com

Bisnis, JAKARTA — Kalangan bank perkreditan rakyat (BPRS) dan bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) tampaknya mulai menyadari desakan untuk segera melakukan transformasi digital jika tak ingin tergilas oleh persaingan yang makin sengit di industri jasa keuangan saat ini.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BPR/BPRS merupakan bank yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Kegiatan BPR/BPRS jauh lebih sempit dibandingkan kegiatan bank umum karena BPR dilarang menerima simpanan giro, kegiatan valas, dan perasuransian.

Dalam beberapa tahun terakhir, BPR dan BPRS menghadapi persaingan yang makin sengit setelah hadirnya perusahaan financial technology atau fintech yang menjangkau pangsa pasar yang kerap dilayani BPR/BPRS di daerah.

Selain itu, bank-bank konvensional yang selama ini kesulitan menjangkau nasabah di daerah-daerah pun kini makin gesit setelah memiliki aplikasi digital. Ketika bank-bank kecil bertransformasi menjadi bank digital dan memperkuat ekosistem digital mereka, akses terhadap perbankan pun makin mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kala BPR Merangsek ke Layanan Digital

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.