Kala 'Jalan Tol' Akses Internet RI Sebatas Retorika

Pada Desember 2021, Speedtest Global Index menyebutkan rata-rata kecepatan unduh internet bergerak Indonesia hanya 15,44 Mbps, sedangkan kecepatan unggah sebesar 9,16 Mbps dan latensi 28 ms. Indonesia pun menjadi negara yang paling lemot dalam hal rata-rata kecepatan internet di Asia Tenggara.

Ibeth Nurbaiti

14 Feb 2022 - 17.30
A-
A+
Kala 'Jalan Tol' Akses Internet RI Sebatas Retorika

Infrastruktur akses internet di Indonesia akhir-akhir ini menjadi sorotan. Terlebih, saat gelaran hajatan kolosal MotoGP Mandalika 2022, terganggunya akses internet membuat aktivitas wawancara daring oleh sejumlah jurnalis internasional tidak lancar. Kondisi ini pun sontak menjadi trending buah bibir di media sosial. 

Kalangan jurnalis asing menganggap jaringan internet di kawasan MotoGP Mandalika 2022 buruk. Padahal, mereka saat itu mewawancarai sejumlah pembalap MotoGP yang telah berada di Mandalika. Saat Salah satu pembalap yang diwawancara ketika itu adalah Marc Marquez dari Repsol Honda.

Buruknya akses internet di Indonesia rupanya sejurus dengan laporan yang dirilis Speedtest.net. Rerata kecepatan internet bergerak (mobile broadband) di Indonesia pada 2021 mengalami penurunan dibandingkan dengan pantauan pada 2020. Dengan kondisi tersebut, menjadikan Indonesia sebagai negara paling lemot dalam hal rata-rata kecepatan internet di Asia Tenggara.

Berdasarkan laporan yang dirilis Kamis, (11/2/2021), rata-rata kecepatan unduh dan unggah layanan internet bergerak di Indonesia pada 2020 mencapai 17,26 Mbps dan 11,44 Mbps.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kala 'Jalan Tol' Akses Internet RI Sebatas Retorika

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.