Kala Kantor Cabang Bank Beralih Rupa Imbas Digitalisasi

Jumlah kantor cabang bank berkurang drastis dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan perkembangan digitalisasi industri ini. Sejumlah cabang strategis pun beralih rupa menjadi cabang digital yang menyediakan layanan perbankan mutakhir.

Fahmi Ahmad Burhan & Emanuel Berkah Caesario

12 Sep 2023 - 16.54
A-
A+
Kala Kantor Cabang Bank Beralih Rupa Imbas Digitalisasi

Nasabah mencari informasi simpanan di kantor cabang Bank Raya yang merupakan bank peserta penjaminan LPS di Jakarta, Rabu (30/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA — Besarnya investasi perbankan dalam mengembangkan teknologi digital berimbas langsung terhadap penurunan investasi pada ekspansi kantor cabang. Kantor cabang yang ada pun perlahan disulap menjadi aset produktif untuk mendukung layanan yang lebih kekinian.

Berdasarkan data Statistik Perbankan Indonesia yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah kantor cabang bank umum di Indonesia mencapai 3.449 unit per Juni 2023. Jumlahnya menyusut 104 unit dalam setahun terakhir, atau dibandingkan dengan Juni 2022 sebanyak 3.553 unit.

Sementara itu, keseluruhan angka jaringan kantor bank juga terus menurun. Jumlah kantor bank umum di Indonesia mencapai 24.784 unit pada Juni 2023, berkurang 857 unit dalam setahun atau dibandingkan Juni 2022 sebanyak 25.641 unit.

Bila ditarik lima tahun ke belakang, terdapat 7.160 unit kantor bank yang tutup. Pada Juni 2018 lalu, jumlah kantor bank umum yang beroperasi masih mencapai 31.944 unit. Padahal, jumlah bank umum di Indonesia hanya turun 10 bank dalam lima tahun, dari 115 bank umum pada Juni 2018 menjadi 105 bank umum pada Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.