Kala Kinerja BPD Makin Lesu di Awal Semester Kedua 2023

Kinerja laba bank pembangunan daerah (BPD) lesu pada paruh pertama 2023, berbeda dibandingkan jenis bank lainnya. Bagaimana proyeksi laba BPD pada sisa tahun ini?

Fahmi Ahmad Burhan

25 Okt 2023 - 19.05
A-
A+
Kala Kinerja BPD Makin Lesu di Awal Semester Kedua 2023

Ilustrasi bank. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Laba kelompok bank pembangunan daerah makin anjlok pada awal paruh kedua tahun ini, jauh berbeda dibandingkan bank-bank umum lainnya yang justru sukses mencetak peningkatan laba. Lantas, bagaimana prospek kelompok bank ini hingga akhir tahun nanti?

Berdasarkan data Statistik Perbankan Indonesia yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK), laba BPD pada Juni 2023 mengalami penurunan 7,57% secara tahunan (year-on-year/ YoY) menjadi Rp7,2 triliun.

Kemudian, sebulan setelahnya atau Juli 2023, kinerja laba BPD turun lebih dalam 9,53% YoY menjadi Rp8,15 triliun.

Berbeda dengan BPD, jenis bank-bank lainnya mencatatkan pertumbuhan labanya masing-masing. Bank pelat merah atau Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) misalnya mencatatkan laba Rp72,42 triliun pada Juli 2023, naik 15,22% YoY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.