Kala Pelebaran Defisit Pertamina Kian Menganga

Dengan harga minyak mentah dunia yang sudah berada di atas US$100 per barel, sedangkan asumsi harga ICP yang ditetapkan dalam APBN 2022 sebesar US$63 per barel, membuat Pertamina harus menanggung selisih antara harga jual eceran BBM dan harga keekonomian.

Ibeth Nurbaiti

22 Mei 2022 - 22.30
A-
A+
Kala Pelebaran Defisit Pertamina Kian Menganga

Kantor Pertamina./Istimewa

Bisnis, JAKARTA — Potensi pelebaran defisit neraca keuangan PT Pertamina (Persero) kian menganga, sejalan dengan terus meningkatnya harga keekonomian bahan bakar minyak atau BBM yang mengikuti harga minyak mentah dunia. 

Arus kas operasional BUMN migas itu yang tercatat negatif US$2,44 miliar pada Maret 2022 bahkan berpotensi membengkak hingga US$12,98 pada akhir tahun ini karena terdampak kenaikan harga minyak mentah dunia.

Apalagi, Pertamina sampai hari ini masih mengimpor minyak dari negara lain akibat lonjakan konsumsi di dalam negeri yang tidak diikuti dengan peningkatan kapasitas produksi. Konsumsi bahan bakar nasional diproyeksikan terus meningkat, sedangkan kapasitas produksi tidak banyak berubah.

Baca juga: Pil Pahit yang Sulit Ditelan Meski Subsidi BBM Kian Meradang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kala Pelebaran Defisit Pertamina Kian Menganga

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.