Kala Pemerintah Terus Kaji Skema Flat 35 Atasi Tantangan Urbanisasi Perkotaan

Dalam kepemilikan rumah di era urbanisasi terdapat sejumlah tantangan yakni availability, affordability, accessibility, dan sustainability sehingga membutuhkan skema memudahkan sejumlah kalangan dalam membeli hunian.

Yanita Petriella

10 Mar 2024 - 08.33
A-
A+
Kala Pemerintah Terus Kaji Skema Flat 35 Atasi Tantangan Urbanisasi Perkotaan

Hunian rumah MBR subsidi

Bisnis, JAKARTA – Berbagai cara memang dilakukan pemerintah untuk mempermudah memiliki rumah. Salah satunya dengan menggodok skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) flat 35 tahun. Skema Flat 35 telah sukses dijalankan di Negeri Sakura dan merupakan skema pinjaman perumahan dengan suku bunga tetap yang disediakan oleh Badan Pembiayaan Perumahan Jepang atau Japan Housing Finance Agency (JHF) bekerja sama dengan lembaga keuangan swasta. 

Flat 35 merupakan pinjaman dengan suku bunga tetap adalah jenis pinjaman yang tingkat pinjaman (suku bunga) dan jumlah angsuran tetap sampai jatuh tempo sehingga memungkinkan konsumen untuk membuat rencana hidup jangka panjang.

Pada akhir 2023, Indonesia melalui Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) telah menjalin kerja sama dengan JHF dalam rangka pertukaran informasi terkait penelitian dan program yang terkait dengan instrumen keuangan untuk mengoptimalkan penyediaan rumah terutama bagi rumah tangga berpendapatan menengah ke bawah. Salah satu produk pembiayaan perumahan yang sudah berlaku di Jepang dan bisa diadopsi di Indonesia yakni Flat 35.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna mengatakan KPR Flat 35 telah dilakukan pembahasan dan diusulkan kepada Kementerian Keuangan. Hal ini sebagai upaya agar konsep pembiayaan perumahan yang ada saat ini bisa dibuat lebih optimal dan menyasar banyak kalangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kala Pemerintah Terus Kaji Skema Flat 35 Atasi Tantangan Urbanisasi Perkotaan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.