Kala Peta Persaingan Bank Kian Mengerucut

Aksi konsolidasi yang marak terjadi di kalangan industri perbankan akhir-akhir ini akan menjadikan peta persaingan di industri ini kian mengerucut pada sejumlah pemain besar utama.

Arlina Laras

17 Nov 2023 - 16.23
A-
A+
Kala Peta Persaingan Bank Kian Mengerucut

Bisnis, JAKARTA — Kabar akuisisi PT Bank Commonwealth oleh PT Bank OCBC NISP Tbk. menjadi kejutan baru di pengujung tahun ini, menambah daftar panjang aksi konsolidasi perbankan yang siap dieksekusi dalam waktu dekat. Langkah konsolidasi ini menjadikan peta persaingan industri perbankan kian terkonsentrasi pada beberapa pemain besar.

Bank OCBC NISP mengakuisisi 99% saham unit usaha dari Commonwealth Bank of Australia (CBA) di Indonesia yakni Bank Commonwealth. Nilai transaksi akusisi itu mencapai Rp2,2 triliun. Langkah ini pun disambut positif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae, menilai rencana tersebut selaras dengan strategi CBA untuk fokus pada pemulihan bisnis pascapandemi yang sejalan dengan strategi Bank OCBC untuk pengembangan dan penguatan bisnis di Indonesia.

“Akuisisi dilakukan secara sukarela (business to business). Secara khusus, akuisisi ini diharapkan akan meningkatkan kredit konsumer dan UMKM di Indonesia,” katanya pada Bisnis, Kamis (16/11/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kala Peta Persaingan Bank Kian Mengerucut

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.