Kala Proyek Tol Listrik PLN Jadi Incaran China, Jepang, Hingga Prancis

Selain perusahaan China, Jepang, dan Prancis, perusahaan Korea Selatan juga belakangan berminat untuk ikut lelang proyek jaringan listrik Sumatra-Jawa tersebut.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

6 Mar 2024 - 22.48
A-
A+
Kala Proyek Tol Listrik PLN Jadi Incaran China, Jepang, Hingga Prancis

Teknisi melakukan perawatan jaringan listrik di Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/2/2022). PT PLN (Persero) menyampaikan bahwa dalam rencana usaha penyediaan tenaga listrik (RUPTL) PLN 2021–2030 telah ditetapkan kebutuhan pembangkit listrik tenaga energi baru terbarukan (EBT) base load sebesar 1,1 gigawatt (GW). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA — Sejumlah perusahaan listrik global disebut-sebut tengah mengincar proyek interkoneksi jaringan kelistrikan berbasis super grid atau tol listrik Sumatra—Jawa. Mereka bahkan sudah menyusun studi atau bidding document untuk ikut lelang proyek pembangunan transmisi Sumatra-Jawa tersebut.

Sejumlah perusahaan yang saat ini berunding dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) di antaranya State Grid Corporation of China (SGCC), Hitachi ABB Power Grids, Kansai Electric Power Co. Inc., dan Électricité de France S.A. Selain perusahaan China, Jepang, dan Prancis, perusahaan Korea Selatan juga belakangan berminat untuk ikut lelang proyek jaringan listrik Sumatra-Jawa tersebut.  

Sejalan dengan itu, pemerintah diminta mengkaji skema pembiayaan yang menarik untuk proyek transmisi Sumatra-Jawa. Terlebih, opsi pembiayaan dari kerja sama dengan badan usaha swasta belakangan memang menguat untuk mendanai proyek tol listrik antarpulau tersebut.

Dalam hitung-hitungan PLN, proyek jaringan listrik tersebut paling tidak membutuhkan biaya hingga mencapai US$6,5 miliar. Hitung-hitungan itu berasal dari studi yang dibuat perusahaan setrum pelat merah itu lewat skenario accelerated renewable energy with coal phase down (ACCEL) sepanjang ruas Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara untuk evakuasi ke Jawa, sebagai pusat permintaan listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.