Kala Tiga BUMN Ditugaskan Mengejar Netral Karbon 2060

Pemerintah berkeinginan menciptakan klaster industri hijau atau green energy cluster agar target mengejar netral karbon pada 2060 bisa tercapai lebih cepat.

Ibeth Nurbaiti

23 Feb 2022 - 22.00
A-
A+
Kala Tiga BUMN Ditugaskan Mengejar Netral Karbon 2060

Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury (kedua kiri) menyaksikan kesepakatan pimpinan Pertamina, PLN, dan Pupuk Indonesia untuk mengembangkan program klaster industri hijau di Indonesia. Kegiatan penandatanganan ini dilakukan di Jakarta, Rabu (23/2/2022). (ANTARA/HO-Kementerian BUMN)

Bisnis, JAKARTA — Sektor energi merupakan salah satu sektor yang memiliki biaya yang sangat mahal dalam mengurangi emisi karbon. Tanpa adanya peran aktif BUMN dan swasta, jalan panjang dan berliku untuk mencapai target netral karbon pada 2060 akan makin berat. 

Kendati hingga kini sumber energi fosil masih mendominasi bauran energi nasional, pemerintah terus berupaya menekan emisi karbon, termasuk dengan mendorong BUMN menggiatkan pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT).  

Selain itu, pemerintah juga berkeinginan menciptakan klaster industri hijau atau green energy cluster agar target mengejar netral karbon pada 2060 bisa tercapai lebih cepat.

Pahala Nugraha Mansury, Wakil Menteri BUMN I mengatakan setidaknya industri hijau tersebut dapat dikembangkan di kawasan-kawasan industri milik Pupuk Indonesia serta anak perusahaannya yang memproduksi amonia dan hidrogen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kala Tiga BUMN Ditugaskan Mengejar Netral Karbon 2060

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.