Kalang Kabut Harga Beras Menjulang

Fenomena kenaikan harga beras yang terjadi hampir setiap tahun seakan meneguhkan pula pandangan bahwa negara tidak melakukan langkah konkret dalam membangun kemandirian pangan secara jangka panjang.

Anitana Widya Puspa & Stefanus Arief Setiaji

4 Mar 2024 - 09.33
A-
A+
Kalang Kabut Harga Beras Menjulang

Presiden Joko Widodo bersama sejumlah pejabat negara meninjau Gudang Bulog Dramaga Bogor pada September 2023. Bisnis/Akbar Evandio.

Lonjakan harga komoditas pangan, khususnya beras seakan menjadi tradisi tahunan yang dianggap sebagai kelaziman. Pemerintah sekaddar bertumpu pada strategi jangka pendek, sedangkan kebijakan jangka panjang dalam membangun kemandirian pangan tak pernah tuntas.

Jika Anda memasukkan kata kunci ‘harga beras’ di situs resmi Sekretariat Kabinet (Setkab), akan banyak artikel terkait dengan kebijakan pangan dan perberasan nasional. Judul artikel yang dipublikasi oleh lembaga resmi pemerintah itu berupa imbauan dan permintaan presiden dalam berbagai rapat resmi antarlembaga.

Misalnya, ‘Stok Menumpuk, Presiden Jokowi Berharap Harga Beras Bisa Turun’ yang ditayangkan pada 10 Januari 2019. Lalu, ada pula artikel berjudul ‘Presiden Jokowi Minta Jajarannya Stabilkan Harga Beras’ yang dirilis pada 31 Januari 2023.

Lebih lama lagi, Setkab juga pernah mempublikasikan artikel dengan judul ‘Presiden Jokowi Minta Harga Beras dan Daging Bisa Turun Sebelum Puasa’ yang ditayangkan pada 5 Maret 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kalang Kabut Harga Beras Menjulang

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.