KALEIDOSKOP 2022: Asa Komoditas Sawit (CPO) di Balik Tahun Sulit

Minyak kelapa sawit mentah (CPO), menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia yang berhasil yang mencuri perhatian sepanjang tahun ini. Tahun 2022 dinilai menjadi tahun yang sulit bagi komoditas perkebunan ini, meskipun dalam perjalanannya tetap berakhir dengan catatan positif.

Asteria Desi Kartikasari

22 Des 2022 - 11.33
A-
A+
KALEIDOSKOP 2022: Asa Komoditas Sawit (CPO) di Balik Tahun Sulit

Pekerja menata kelapa sawit saat panen di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor, Minggu (30/8/2020). Badan Litbang Kementerian ESDM memulai kajian kelayakan pemanfaatan minyak nabati murni (crude palm oil/CPO) untuk pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) hingga Desember 2020. Bisnis/Arief Hermawan P

 Bisnis, JAKARTA— Volatilitas harga komoditas memiliki dinamika yang sulit diprediksi lantaran faktor keteganggan geopolitik antara Rusia dan Ukraina yang berkepanjangan. Kondisi ini menjadi faktor risiko bagi ekonomi Indonesia dan global, yang kemudian juga dapat menghamtam komoditas primer Indonesia, termasuk crude palm oil atau CPO.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut harga komoditas terpantau masih tinggi, meskipun ada juga komoditas yang mengalami penurunan harga, salah satunya komoditas minyak sawit mentah atau CPO.

Menurutnya, beberapa komoditas cenderung menunjukan penurunan, seperti harga gas alam dan CPO yang turun dari puncaknya dari US$1.700 per ton sekarang US$800 per ton atau mendekati US$900 per ton. Meskipun, capaian harga itu membaik dibandingkan sebelumnya yang sempat menyentuh US$700.

Pada 2022, sejumlah katalis negatif menghampiri CPO, salah satunya adalah kebijakan Presiden Joko Widodo atas penghentian sementara ekspor CPO.  Jokowi secara resmi mengumumkan melarang ekspor CPO dan sejumlah produk turunannya pada 28 April 2022.  Pasar menilai keputusan Indonesia menghentikan ekspor CPO merupakan sebuah keputusan yang luar biasa yang tidak pernah diduga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.