Kaleidoskop 2022: Harga Rumah Subsidi hingga Insentif PPN DTP

Di sepanjang 2022, sektor properti diwarnai berbagai tekanan. Untuk pembangunan properti hunian khususnya rumah subsidi, para pengembang mengalami perjuangan panjang.

Yanita Petriella

26 Des 2022 - 19.49
A-
A+
Kaleidoskop 2022: Harga Rumah Subsidi hingga Insentif PPN DTP

ilustrasi rumah. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Di sepanjang 2022, sektor properti diwarnai berbagai tekanan. Untuk pembangunan properti hunian khususnya rumah subsidi, para pengembang mengalami perjuangan panjang. 

Sejak awal tahun 2021 telah dilakukan pembicaraan antara Real Estat Indonesia (REI) dengan Kementerian PUPR tentang kenaikan harga rumah subsidi. Dalam pembicaraan pada akhir Desember 2021, terjadi kesepakatan antara Kementerian PUPR dan pengembang untuk bisa menaikkan harga rumah subsidi sebesar 7 persen di tahun ini. Padahal, para pengembang rumah subsidi ini meminta kenaikan rumah subsidi sebesar 10 persen. 

Pada acara Rapat Koordinasi DPP REI dan DPD REI seluruh Indonesia pada 19 April 2022 lalu, REI pun kembali menagih rencana penetapan harga baru rumah subsidi kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang saat itu diwakili Direktur Jenderal Pembiayan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna. Saat itu, pemerintah memberikan janji pada bulan Juni tahun 2022 diberikan keputusan final penyesuaian harga rumah subsidi.

Namun pada bulan Juni kemarin, pemerintah tak menempati janjinya untuk menaikkan harga rumah subsidi. Hal tersebut dikarenakan masih terkendalanya beleid yang tengah digodog Kementerian Keuangan. Memang, aturan harga rumah subsidi membutuhkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terlebih dahulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kaleidoskop 2022: Harga Rumah Subsidi hingga Insentif PPN DTP

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.