KALEIDOSKOP 2022: Mati-Matian Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Indonesia berambisi menjadi pemain utama dalam rantai pasok industri kendaraan listrik dunia. Presiden Joko Widodo telah menegaskan bahwa pemerintah secara serius tengah melakukan strategi besar perekonomian dengan mendesain ekosistem kendaraan listrik.

Fatkhul Maskur

26 Des 2022 - 23.00
A-
A+
KALEIDOSKOP 2022: Mati-Matian Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Presiden menghadiri seremoni implementasi tahap kedua industri baterai listrik terintegrasi di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Rabu (8/6/2022). - foto presidenri.go.id

Bisnis, JAKARTA – Indonesia berambisi menjadi pemain utama dalam rantai pasok industri kendaraan listrik dunia (global supply chain). Presiden Joko Widodo telah menegaskan bahwa pemerintah secara serius tengah melakukan strategi besar perekonomian dengan mendesain ekosistem kendaraan listrik. 

Menurut Presiden, Indonesia memiliki hampir semua yang dibutuhkan untuk membuat ekosistem tersebut dan membuat negara lain bergantung kepada Indonesia. “Bagaimana membangun sebuah ekosistem besar sehingga negara lain tergantung pada kita karena kita memiliki nikel, memiliki tembaga, memiliki bauksit, memiliki timah, dan potensi kita ini gede sekali,” ujar Presiden di Istana Negara, Jumat (2/12/2022).

Indonesia merupakan negara dengan cadangan nikel nomor satu di dunia, timah nomor dua di dunia, bauksit nomor enam di dunia, dan tembaga nomor tujuh di dunia. Indonesia hanya kurang kurang litium untuk membangun ekosistem kendaraan listrik baterai. Namun, Presiden telah mendapatkan solusinya, yakni beli dari Australia.

Bangunan ekosistem kendaraan listrik itu sudah mulai mewujud. Rantai pasok industri dari hulu hingga hilir segera akan tersambung. Presiden menyebut bahwa investasi ini merupakan investasi pertama di dunia yang mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu sampai hilir. Dari Pertambangan, smelter, refinery, sel baterai, battery pack, hingga pabrik mobil listriknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

KALEIDOSKOP 2022: Mati-Matian Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.