KALEIDOSKOP 2022: Menjaga Ekspansi Industri di Akhir Pandemi

Pada tahun ketiga pandemic Covid-19, perekonomian masih dihinggapi sederet tantangan yang tidak ringan. Sektor industri mampu mencatatkan performa ekspansi meski dengan laju yang sedikit melemah.

Fatkhul Maskur

25 Des 2022 - 13.00
A-
A+
KALEIDOSKOP 2022: Menjaga Ekspansi Industri di Akhir Pandemi

Presiden Joko Widodo meninjau proses perakitan mobil di Cikarang, Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Foto BPMI Setpres/Laily Rachev

Bisnis, JAKARTA – Pada tahun ketiga pandemic Covid-19, perekonomian masih dihinggapi sederet tantangan yang tidak ringan. Sektor industri mampu mencatatkan performa ekspansi meski dengan laju yang sedikit melemah.

Industri manufaktur merupakan sektor dengan tingkat ketahanan (resiliensi) relatif lebih tinggi saat masa pandemi Covid-19, bahkan mampu menunjukkan pemulihan secara lebih cepat daripada sektor lainnya.

Pada bulan pertama 2022, sektor industri pengolahan melanjutkan ekspansi meski lajunya melemah sejak 4 bulan terakhir. Pada Januari 2022, PMI Manufaktur di level 52,2. Laju tercepat terjadi pada Oktober 2021 dengan angka PMI Manufaktur 57,2.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, performa manufaktur tidak mencatatkan performa konstraksi di sepanjang Tahun Macan Air ini. Performanya stabil tetapi akselerasinya cenderung melambat. Pada November 2022, PMI Manufaktur hanya di level 50,3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

KALEIDOSKOP 2022: Menjaga Ekspansi Industri di Akhir Pandemi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.