Kaleidoskop 2022 : Momentum Akselerasi Pasar Modal

Pasar saham Indonesia sepanjang 2022 menjadi salah satu yang terkuat di kawasan. Indeks komposit berhasil tumbuh positif, kendati volatilitasnya cukup tinggi. Aksi korporasi pun makin ramai. Berikut ini kilasan kinerja pasar dan aksi korporasi sepanjang 2022.

Emanuel Berkah Caesario

21 Des 2022 - 08.00
A-
A+
Kaleidoskop 2022 : Momentum Akselerasi Pasar Modal

Ilustrasi kaleidoskop. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Tahun 2022 menjadi tahun kebangkitan pasar saham Indonesia. Setelah pada 2020 lalu pasar anjlok hingga indeks harga saham gabungan (IHSG) turun ke level 3.900-an, pada 2022 IHSG sukses beberapa kali memecahkan rekor baru.

Meski demikian, dinamika IHSG sepanjang tahun 2022 tidak konsisten menguat. IHSG sukses bertengger sebagai indeks komposit dengan kinerja terbaik di Asia Tenggara maupun Asia Pasifik, tetapi tingkat return-nya mengalami volatilitas.

Kondisi ini terjadi seiring dengan dinamika perekonomian global yang menantang, mulai dari lonjakan kasus baru Covid-19 varian Omicron di awal tahun, lalu disusul tekanan ekonomi global akibat konflik Rusia-Ukraina yang mendorong peningkatan inflasi global dan pengetatan moneter.

Di tengah kondisi itu, perekonomian Indonesia relatif solid. Kalangan investor pun menyadari hal ini, sehingga tetap mengapresiasi saham-saham di Indonesia. Apalagi, konflik geopolitik telah memicu kenaikan pesat harga komoditas, yang menyebabkan peningkatan kinerja emiten-emiten komoditas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kaleidoskop 2022 : Momentum Akselerasi Pasar Modal

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.