Kaleidoskop 2023: Investor Swasta Bangun Proyek Properti di IKN

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mencatatkan realisasi komitmen investasi di IKN hingga akhir 2023 telah mencapai Rp41,4 triliun. Rencana groundbreaking sejumlah proyek tahap 4 akan dilakukan pada pertengahan Januari 2024.

Redaksi

28 Des 2023 - 08.00
A-
A+
Kaleidoskop 2023: Investor Swasta Bangun Proyek Properti di IKN

IKN Sumbu Kebangsaan

Bisnis, JAKARTA – Sejak September 2023, sejumlah proyek properti milik investor swasta mulai dibangun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur. Total kebutuhan anggaran IKN Nusantara mencapai Rp466 triliun yang terdiri sebesar 20% dipenuhi melalui APBN, sedangkan 80% sisanya diupayakan melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KBPU) dan swasta.

Pada kloter pertama yakni 21 September lalu pengembang Agung Sedayu Group (ASG) bersama 9 perusahaan lainnya yang membentuk konsorsium telah merealisasikan komitmen investasi pertama untuk membangun proyek di IKN berupa hotel berbintang lima bernama Nusantara pada Kamis (21/9/2023).

Konsorsium ASG ini gabungan para taipan di Indonesia yang mencakup 10 perusahaan dalam negeri. Kesepuluh konsorsium tersebut yakni ASG milik Sugianto Kusuma (Aguan), Salim Group milik Anthony Salim, Sinarmas milik Franky Wijaya, Pulauintan milik Pui Sudarto, Djarum milik Budi Hartono. Kemudian Wings Group milik William Katuari, Adaro milik TP Rahmat/Boy Tohir, Barito Pacific milik Prajogo Pangestu, Mulia Group milik Eka Tjandranegara, dan Astra milik Soeryadjaya. 

Adapun konsorsium ini dinakhodai oleh Sugianto Kusuma atau Aguan dengan total nilai investasi konsorsium di IKN mencapai total Rp40 triliun berupa proyek mixed used development berupa mal, hotel dan perkantoran. Kesepuluh taipan yang tergabung dalam konsorsium ASG ini pun langsung turun gunung ikut serta menghadiri groundbreaking di IKN. Selain konsorsium ASG, ada satu konglomerat lainnya yang turut hadir yaitu Kawan Lama Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kaleidoskop 2023: Investor Swasta Bangun Proyek Properti di IKN

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.