Kaleidoskop 2023: Lika-Liku Izin Usaha hingga Aset Bumiputera

Sejumlah permasalahan asuransi cukup menyita perhatian publik. Satu persatu kasus penjaminan kesehatan muncul ke permukaan, meskipun penyelesaiannya masih pelan-pelan demi mengembalikan kepercayaan publik terhadap industri.

Rika Anggraeni

18 Des 2023 - 17.32
A-
A+
Kaleidoskop 2023: Lika-Liku Izin Usaha hingga Aset Bumiputera

Karyawati beraktivitas di dekat logo-logo perusahaan asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) di Jakarta./ Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA — Kasus gagal bayar hingga pencabutan izin usaha di sektor perasuransian cukup menyita perhatian publik pada 2023, permasalahan yang paling ramai bertahun-tahun adalah kasus perusahaan asuransi mutual, Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912. 

Teranyar, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta kejelasan penjualan aset AJB Bumiputera 1912 yang hingga saat inu tak kunjung terjual. 

Perkembangan lain, regulator mencabut izin usaha secara beruntun kepada tiga perusahaan asuransi pada tahun ini. Salah satunya, dicabutnya izin usaha PT Asuransi Purna Artanugraha (Aspan) karena rasio solvabilitas (risk-based capital/RBC), serta ketidakmampuan memenuhi ketentuan terkait ekuitas dan rasio kecukupan investasi sesuai aturan.

Tak melulu kasus, berbagai peristiwa penting juga menyelimuti industri perasuransian, termasuk reformasi di sektor keuangan. Di mana, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Undang-Undang tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK) telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada awal tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.