KALEIDOSKOP DIGITAL 2021: Semarak Kolaborasi Startup!

Semarak pendanaan, aksi merger dan akuisisi, serta perlombaan melantai di bursa efek mengiringi industri startup di dalam negeri hingga pengujung 2021. Bisnisindonesia.id merangkum sederet peristiwa dan momentum di industri digital dan startup sepanjang Tahun Kerbau Logam.

Redaksi

27 Des 2021 - 08.30
A-
A+
KALEIDOSKOP DIGITAL 2021: Semarak Kolaborasi Startup!

Ilustrasi startup/

Bisnis, JAKARTA — Ekosistem digital di Indonesia diwarnai oleh sederet aksi-aksi besar oleh para pelaku perusahaan rintisan atau startup nyaris sepanjang 2021. 

Semarak pendanaan, aksi merger dan akuisisi, serta perlombaan melantai di bursa efek mengiringi industri startup di dalam negeri hingga pengujung tahun.

Bisnisindonesia.id merangkum sederet peristiwa dan momentum di industri digital dan startup sepanjang Tahun Kerbau Logam. Berikut ulasannya:

 

JANUARI

5 Januari :

Gojek dan Tokopedia dikabarkan tengah melakukan pembicaraan lanjutan untuk melakukan merger.

6 Januari :

Lebih dari 125.000 data mahasiswa Undip telah dibobol dan dapat diakses secara gratis. Adapun, data-data tersebut yakni data pribadi lengkap mahasiswa, alamat, jalur masuk, email, username, password, IPK, riwayat sekolah, beasiswa, dan lainnya.

7 Januari :

EV Growth, perusahan patungan antara East Ventures, SMDV, dan Yahoo! Japan Capital mengumumkan bergabungnya tiga eksekutif baru yang berpengalaman di bisnis berbasis teknologi. 

19 Januari :

Darwinbox, platform digital manajemen SDM, telah merampungkan putaran pendanaan terbarunya senilai US$15 juta dari investor global yang dipimpin oleh Salesforces Ventures yang akan digunakan untuk ekspansi ke Indonesia.

20 Januari :

PwC Indonesia menggandeng East Ventures meluncurkan program PwC NextLevel sebagai platform kolaborasi antara startup, scale-up, korporasi, dan investor. 

22 Januari :

Perusahaan rintisan berbasis teknologi agrikultura (agritech), TaniHub Group, mencatatkan pertumbuhan bisnis sebesar 639% pada 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Ilustrasi TaniGroup./dok. TaniGroup

FEBRUARI

2 Februari :

Pemerintah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital 2024 akan memberikan penjelasan mengenai arah kebijakan, implementasi pelaksanaan dan target capaian transformasi digital Indonesia di empat sektor strategis, yang tengah dilaporkan kepada Presiden RI Joko Widodo. 

3 Februari : 

BukuWarung, perusahaan rintisan berbasis teknologi finansial (tekfin), mengumumkan pendanaan dari Rocketship.vc perusahaan ritel lokal dan sekelompok investor individu dengan nilai yang tidak dipublikasikan.

10 Februari: 

Dua startup raksasa Indonesia, Gojek dan Tokopedia dikabarkan tengah menyelesaikan persyaratan untuk merger mereka dan bertujuan untuk mencapai kesepakatan paling cepat bulan ini. 

11 Februari 2021 :

Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir situs Tiktokcash, yang menjanjikan uang setelah menonton video di platform TikTok. Pemblokiran itu tidak hanya untuk situs, tetapi juga mencakup media sosial yang terafiliasi ke situs tersebut. 

23 Februari :

Platform dagang elektronik (e-commerce), JD.ID, resmi membuka warehouse terbaru di Palembang, Sumatra Selatan sehingga perusahaan tercatat telah memiliki tiga belas warehouse di tujuh kota besar di Indonesia.

24 Februari :

Warung Pintar mengumumkan langkah mereka untuk mengakuisisi Bizzy Digital, platform logistik terintegrasi dan rantai pasokan distribusi business to business (B2B), senilai US$45 juta atau setara dengan Rp 631,15 miliar.

25 Februari :

Microsoft menegaskan komitmen perusahaan untuk membangun pangkalan data regional di Indonesia, menyusul Google, Alibaba, dan Amazon. Pembangunan tersebut diharapkan mendukung Indonesia untuk menjadi negara terdepan dalam hal ekonomi digital di Asia Tenggara.

26 Februari 2021 :

Kemenkominfo  Komite Etika Berinternet  atau Net Ethics Committee (NEC), untuk menjadikan ruang digital Indonesia bersih, sehat, beretika, produktif dan memberikan keadilan bagi masyarakat.


MARET 

2 Maret :

Saltmine, platform tempat kerja digital end to end, mengumumkan pendanaan Seri A senilai US$20 juta atau sekitar Rp285 miliar. Pendanaan ini diikuti oleh investasi baru dari JLL Spark, cabang investasi strategis perusahaan jasa real estat komersial JLL, serta para investor sebelumnya seperti Xplorer Capital dan Jungle Ventures.

3 Maret :

Tokopedia dan Gojek dikabarkan telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat atau conditional sales and purchase agreement (CSPA) terkait dengan perjanjian merger kedua perusahaan. Valuasi perusahaan hasil merger tersebut diperkirakan mencapai US$35 miliar—US$40 miliar.

4 Maret :

Gojek dan Tokopedia dikabarkan tengah menyelesaikan persyaratan untuk merger mereka dan bertujuan untuk mencapai kesepakatan paling cepat bulan ini. 

4 Maret :

Kemenkominfo resmi memblokir situs Snack Video, aplikasi berbasis money gim yang serupa dengan TikTok Cash dan VTube.

17 Maret :

Google memblokir dan menghapus sekitar 3,1 miliar iklan karena melanggar kebijakan perusahaan dan membatasi 6,4 miliar iklan lainnya.

31 Maret :

Gojek diklaim telah melakukan merger Tokopedia sejak 9 Maret 2021 dengan nilai yang tidak diungkapkan (undisclosed).

APRIL 

3 April :

Sebanyak 533 juta data pribadi pengguna Facebook bocor. Data yang terungkap mencakup informasi pribadi lebih pengguna dari 106 negara, termasuk lebih dari 32 juta catatan pengguna di Amerika Serikat (AS), 11 juta pengguna di Inggris, dan 6 juta pengguna di India.

5 April :

LG Electronics, perusahaan teknologi asal Korea Selatan resmi mundur dari bisnis ponsel pintar (smartphone) lantaran kesulitan bersaing dengan vendor China.

9 April:

Kasus 500 data pengguna LinkedIn disebut bocor, laporan CyberNews menyebutkan seseorang menjual data 500 akun yang diklaim berasal dari LinkedIn.

12 April:

Kasus kebobolan data kembali terjadi. Kali ini, data pribadi milik 1,3 juta pengguna platform audio Clubhouse yang bocor di internet yang disebar secara gratis di forum peretas.

13 April:

Grab Holdings inc. (Grab), perusahaan super aplikasi dari Asia Tenggara, mengumumkan rencana melantai di bursa Amerika Serikat bekerjasama dengan Altimeter Growth Corp. (Nasdaq: AGC).

13 April:

Perusahaan teknologi multinasional asal China, Tencent Holdings, melalui anak perusahaannya Tencent Cloud resmi menghadirkan Internet Data Center (IDC) pertamanya di Indonesia.

14 April :

Perusahaan jasa pengiriman, J&T Express resmi menyandang status unikorn setelah valuasi mereka telah menyentuh US$ 7,88 miliar.

16 April :

Bukalapak mendapatkan pendanaan dari Mandiri Capital Indonesia, perusahaan modal ventura PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

19 April :

Ruangguru mengumumkan memperoleh investasi baru senilai US$55 juta atau setara Rp801 miliar (kurs Rp14.566).

21 April :

Bertepatan dengan lima tahun perayaan ulang tahunnya, platform layanan kesehatan digital Halodoc mengumumkan pendanaan seri C sebesar US$80 juta.


MEI

3 Mei :

Bibit.id, startup aplikasi investasi reksa dana, mengumumkan meraih pendanaan senilai US$65 juta atau setara dengan Rp939,07 miliar dari Sequoia Capital India, diikuti oleh Prosus Ventures, Tencent dan Harvard Management Company.

3 Mei :

Hangry, startup kuliner multi-brand, mengumumkan pendanaan Seri A sebesar US$13 juta (setara dengan Rp188 miliar) yang dipimpin oleh Alpha JWC Ventures, dengan partisipasi dari Atlas Pacific Capital, SALT Ventures, dan Heyokha Brothers.

10 Mei :

PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) kembali berinvestasi di Gojek senilai Rp4,3 triliun kepada perusahaan bentukan Nadiem Makarim tersebut.

17 Mei :

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Tokopedia resmi merger yang diprediksi membentuk entitas superapp baru bernama GoTo dengan valuasi hingga US$40 miliar atau setara dengan Rp572,9 triliun.

20 Mei :

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyebutkan tengah melakukan penelusuran terhadap dugaan kebocoran 279 juta data warga Indonesia yang diperjualbelikan dalam sebuah forum web gelap.


JUNI

7 Juni :

Pandu Patria Sjahrir resmi ditunjuk menjadi Ketua Umum Dewan Pengurus Harian Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) periode 2021–2025.

24 Juni :

Bukalapak angkat bicara menanggapi beredarnya dokumen mini public expose terkait dengan rencana penawaran publik perdana atau initial public offering (IPO).

28 Juni: 

Alibaba Cloud, tulang punggung digital dan inteligensi dari Alibaba Group, mengumumkan partisipasinya dalam Program Digital Talent Scholarship yang diprakarsai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

29 Juni :

PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) mengumumkan rencananya melakukan IPOdi Bursa Efek Indonesia (BEI) dan akan melepas maksimal 25% dari modal ditempatkan dan disetor penuh, atau maksimal 500 juta lembar saham.

Komisaris PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Pandu Patria Sjahrir yang menjadi Ketua Umum Dewan Pengurus Harian Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) periode 2021–2025. / Istimewa - Dok.pribadi

JULI

9 Juli :

Bukalapak dijadwalkan mulai melakukan penawaran awal mulai Jumat (9/7/2021) hingga Senin (19/7/2021). Adapun, pelaksanaan IPO akan efektif pada 26 Juli.

23 Juli : 

Perusahaan rintisan berbasis aplikasi pajak daring, OnlinePajak mengukuhkan posisinya sebagai unikorn ketujuh dari Indonesia.

26 Juli :

Xiaomi menyatakan siap menjadi penantang dalam pangsa pasar laptop di Tanah Air dengan memboyong laptop pertamanya, RedmiBook 15.

26 Juli :

PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) resmi memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menawarkan sahamnya kepada masyarakat, setelah menyelesaikan penawaran awal atau bookbuilding.

 27 Juli :

Platform e-grcery HappyFresh menyebutkan pendanaan seri D yang didapatkan senilai US$65 juta akan digunakan perusahaan untuk meningkatkan operasi bisnis.

 28 Juli: 

BRI Life menyatakan tengah melakukan penelusuran jejak digital dalam rangka investigasi dugaan kebocoran dua juta data masyarakat yang dijual secara daring.

31 Juli:

Situs Sekretariat Kabinet mengalami peretasan pada Sabtu (31/7/2021). Alih-alih menampilkan laman resminya, setkab.go.id, justru menampilkan foto seorang demonstran yang tengah memegang Bendera Merah Putih.


AGUSTUS

3 Agustus:

FinAccel Pte. induk usaha Kredivo mengumumkan akan mencatatkan sahamnya di Bursa Amerika Serikat (AS) melalui aksi merger dengan VPC Impact Acquisition Holdings II, sebuah perusahaan cangkang (SPAC) yang terdaftar di bursa Nasdaq, AS.

4 Agustus:

Huawei mengumumkan rencananya menginvestasikan US$100 juta guna mendukung perusahaan-perusahaan rintisan atau startup di kawasan Asia Pasifik.

9 Agustus :

Sinarmas Group mengungkapkan rencana aksi korporasi yang disebut-sebut tengah dalam pembicaraan untuk mengakuisisi perusahaan dompet digital DANA diyakini akan membawa equilibrium baru pada ekosistem aplikasi super dan platform dagang-el.

9 Agustus :

Platform percakapan kecerdasan buatan (AI) dan automasi Customer Experience (CX), yellow.ai, mengumumkan telah mendapatkan pendanaan Series C senilai US$78,15 juta.

25 Agustus:

Princeton Digital Group (PDG), Perusahaan penyedia layanan pusat data berbasis di Singapura, berencana membangun fasilitas pangkalan data baru (greenfield) di Jakarta. Nilai investasi proyek ini menembus US$150 juta atau setara dengan Rp2,1 triliun.

 26 Agustus:

Blibli dikabarkan telah memilih penasihat untuk memuluskan rencana IPO pada 2022.

31 Agustus:

Data krusial 1,3 juta pengguna aplikasi e-HAC bocor ke tangan peretas. Kementerian Kesehatan berdalih data masyarakat yang bocor tersebut berasal dari aplikasi e-HAC yang lama sebelum dimigrasikan ke PeduliLindungi dengan sistem keamanan yang lebih ketat. 

Seorang pengguna eHAC di Kota Bekasi, Jawa Barat, memperlihatkan aplikasi lama yang sudah tidak berfungsi, Selasa (31/8/2021). ANTARA/Andi Firdaus

SEPTEMBER

15 September 

Xendit resmi menjadi unikorn baru dari Indonesia setelah mengumumkan perolehan pendanaan seri C senilai US$150 juta. 

22 September:

Ajaib, perusahaan wealtech, dikabarkan memperoleh pendanaan sekitar US$150 juta. Jika benar, pendanaan tersebut membuat Ajaib menyandang status unikorn. Ajaib sendiri terus berupaya mendorong pertumbuhan pasar modal. 

30 September: 

MDI Ventures bersama Cathay Innovation dan Endeavour Catalyst menyalurkan investasi sebesar Rp1,79 triliun kepada FinAccel, induk Kredivo. Tambahan modal akan memperkuat posisi Kredivo sebelum IPO melalui skema SPAC tahun depan. 

OKTOBER

2 Oktober: 

Menurut Sensor Tower, TikTok menjadi aplikasi dengan penghasilan tertinggi secara global di kedua app store (Google Play Store dan Apple App Store) sepanjang kuartal III/2021. Baru-baru ini, pemasangan aplikasi TikTok mencapai 3 miliar total pemasangan sehingga membuatnya menjadi aplikasi non-Facebook pertama yang melakukannya.

4 Oktober:

Pendiri Amazon.com Inc. Jeff Bezos melalui perusahaan keluarganya, Bezos Expeditions, setuju untuk mengucurkan modal kepada startup dagang-el Indonesia Ula yang telah mengumpulkan pendanaan lebih dari US$30 juta sejak tahun lalu. 

8 Oktober:

Shopee menjadi platform belanja daring teratas di Indonesia menurut hasil riset perusahaan periset pasar aplikasi mobile App Annie. Shopee mencetak kunjungan rata-rata 961,51 juta kunjungan, disusul Tokopedia 392,13 juta kunjungan, Lazada dengan 377,04 juta, Bukalapak dengan 79,18 juta, dan Blibli dengan 28,77 juta kunjungan.


NOVEMBER

9 November: 

Merek merger antara Gojek dan Tokopedia, GoTo, digugat oleh perusahaan bernama PT Terbit Financial Technology sebesar Rp 2,08 triliun. Gugatan yang dilayangan di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat tersebut dilakukan karena GoTO dinilai melanggar hak merek.

10 November:

Dompet digital OVO memberikan respons terkait dengan sikap OJK yang mencabut izin usaha dari PT OVO Finance Indonesia. OVO menegaskan OVO Finance Indonesia (OFI) adalah perusahaan multi finance yang tidak ada kaitan sama sekali dan tidak pernah menjadi bagian dari kelompok perusahaan uang elektronik OVO.

11 November:

Grup GoTo mengumumkan penutupan pertama penggalangan dana pra-IPO yang mencapai lebih dari Rp18,56 triliun (US$1,3 miliar). Dana tersebut dihimpun dari sejumlah investor di antaranya Abu Dhabi Investment Authority (ADIA), Avanda Investment Management, Fidelity International, Google, Permodalan Nasional Berhad (PNB), Primavera Capital Group, SeaTown Master Fund, Temasek, Tencent, dan Ward Ferry.

16 November:

Grab mengumumkan layanannya mengalami gangguan di kawasan Asia Tenggara terutama di Singapura, Indonesia, dan Malaysia. Para mitra melaporkan tidak bisa mengakses aplikasi Grab dan berdampak pada penghasilan mereka.

20 November:

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pemerintah akan meluncurkan Merah Putih Fund untuk menyalurkan pendanaan dan pendampingan startup di Indonesia pada Desember 2021.

DESEMBER

2 Desember:

Grab Holdings Limited, startup asal Singapura, melakukan IPO atau melantai di bursa saham AS pada Kamis (2/12/2021). Grab masuk melalui bursa saham Nasdaq dan berhasil meraup dana segar hingga US$4,5 miliar atau setara Rp64 triliun (kurs Rp14.377 per dolar). Nilai tersebut berasal dari hasil penggabungan antara Grab dengan Altimeter Growth Corp.

15 Desember 2021:

Presiden Joko Widodo meresmika Gerakan Akselerasi Generasi Digital di Jakarta Convention Center, Rabu (15/12/2021). Gerakan tersebut menangung beberapa program termasuk Merah Putih Fund, program pendanaan untuk startup lokal oleh kementerian BUMN. 


(Akbar Evandio/Leo Dwi Jatmiko/Thovan Sugandi/Wike D. Herlinda)

Editor: Wike Dita Herlinda

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.