Kaleidoskop Ekonomi Global 2023: Beratnya Ujian di Era Pemulihan

Rentetan kejadian dan isu yang mencuat sepanjang 2023 untuk ekonomi global dipenuhi dengan sinyal penuh tekanan di tengah perjuangan negara-negara untuk pulih.

Nindya Aldila

28 Des 2023 - 12.16
A-
A+
Kaleidoskop Ekonomi Global 2023: Beratnya Ujian di Era Pemulihan

Warga Palestina membawa barang-barang mereka saat meninggalkan rumah mereka, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas, di Kota Gaza 7 November 2023. REUTERS/Mohammed Al-Masri

Bisnis, JAKARTA - Situasi ekonomi global sepanjang 2023 dipenuhi dengan rentetan guncangan seperti ancaman resesi, inflasi, krisis pangan, hingga suku bunga tinggi. Meskipun pandemi telah berlalu dan ekonomi negara-negara mulai pulih, ketegangan geopolitik yang sedang memanas di beberapa sudut dunia kembali menciptakan ketidakpastian ekonomi. 

Negara maju seperti Amerika Serikat, China, dan kawasan euro justru merasakan guncangan yang paling keras setelah beberapa kali meleset dari proyeksi pertumbuhan.

Adapun negara-negara miskin masih diliputi dengan beban utang yang kian membengkak akibat kebijakan moneter yang ketat. 

Raksasa korporasi global juga tidak bisa menghindari tingginya tekanan ekonomi global yang menggerus konsumsi, sehingga menciptakan aksi PHK besar-besaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kaleidoskop Ekonomi Global 2023: Beratnya Ujian di Era Pemulihan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.