Kapasitas Jumbo Gudang Karbon RI Melampaui Rilis ExxonMobil

Kapasitas penyimpanan karbon di Indonesia yang berasal dari 20 cekungan atau basin, menurut kajian Lemigas Kementerian ESDM juga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rilis ExxonMobil yang menyebutkan kapasitas penyimpanan karbon di Indonesia antara 80—200 gigaton.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

21 Feb 2024 - 20.06
A-
A+
Kapasitas Jumbo Gudang Karbon RI Melampaui Rilis ExxonMobil

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi meneken beleid yang mengatur khusus ihwal penyelenggaraan kegiatan penangkapan dan penyimpanan karbon atau carbon capture and storage (CCS). Foto Bisnis

Bisnis, JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan potensi penyimpanan karbon di dalam negeri pada lapisan saline aquifer mencapai 572,77 gigaton CO2 (karbon dioksida), jauh lebih tinggi dari perhitungan pada 2015 lalu di level 9,7 gigaton CO2. 

Sementara itu, potensi penyimpanan pada lapisan depleted migas dari hitung-hitungan terbaru pada awal tahun ini mencapai 4,85 gigaton CO2, lebih tinggi dari perkiraan pada 2015 lalu di level 2,5 gigaton CO2. 

Kapasitas penyimpanan karbon di Indonesia yang berasal dari 20 cekungan atau basin tersebut, menurut kajian Lemigas Ditjen Migas Kementerian ESDM juga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rilis ExxonMobil yang menyebutkan kapasitas penyimpanan karbon di Indonesia antara 80—200 gigaton.

Tutuka Ariadji, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, menyebut bahwa hulu migas Indonesia mempunyai potensi penyimpanan karbon yang sangat menjanjikan. “Hasil ini lebih besar dari yang disampaikan oleh Rystad, tetapi lebih kecil dari yang disampaikan oleh lembaga lain. Ini masih dalam rentang perhitungan lembaga-lembaga yang ada, ini tentunya berkembang,” ujarnya di sela penutupan Puncak Bulan K3 Nasional Subsektor Migas di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.