Karena Anggaran Kurang, Kemantapan Jalan Nasional Menurun

Wewenang penyelenggaraan jalan nasional berada pada pemerintah pusat, dalam hal ini adalah Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR.

Zufrizal

5 Mar 2022 - 19.44
A-
A+
Karena Anggaran Kurang, Kemantapan Jalan Nasional Menurun

-

Bisnis, JAKARTA — Kemantapan infrastruktur jalan berperan sangat penting dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan tercapainya konektivitas antarwilayah.

Oleh karena itu, pemerintah telah menetapkan target pembangunan infrastruktur jalan karena sangat berpengaruh pada kegiatan distribusi dan logistik yang merupakan urat nadi kehidupan ekonomi, politik, sosial-budaya, dan pertahanan keamanan nasional, serta penghubung antar daerah sebagaimana kondisi geografis Indonesia.

Infrastruktur jalan seperti dikutip melalui Buku Informasi Statistik Infrastruktur PUPR 2021, dapat menopang sektor transportasi yang dapat memperlancar arus distribusi barang dan jasa, mobilisasi manusia, aksesibilitas antarwilayah, serta berperan dalam peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia.

Jalan nasional adalah jalan arteri dan jalan kolektor dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan antarprovinsi, dan jalan strategis nasional, serta jalan tol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal
company-logo

Lanjutkan Membaca

Karena Anggaran Kurang, Kemantapan Jalan Nasional Menurun

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.