Karpet Merah Swasta Kelola Sumur Migas Nasional Milik Pertamina

Pemerintah meminta Pertamina melepaskan potensi sumur-sumur migas yang tidak bisa dioptimalkan perseroan agar bisa digarap oleh kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) swasta.

Ibeth Nurbaiti

24 Sep 2023 - 12.56
A-
A+
Karpet Merah Swasta Kelola Sumur Migas Nasional Milik Pertamina

Anjungan minyak lepas pantai yang dioperasikan oleh PT Pertamina Hulu Energi. Sebagai Subholding Upstream Pertamina yang menaungi wilayah kerja hulu Pertamina di Indonesia dan juga luar negeri. Bisnis-PHE

Bisnis, JAKARTA — Keinginan pemerintah untuk mengoptimalkan aset minyak dan gas bumi (migas) nasional kian kuat demi mewujudkan visi produksi minyak 1 juta barel per hari (bph) dan gas bumi 12 miliar standar kaki kubik per hari (Bscfd) pada 2030.

Sejalan dengan upaya mengundang investor global untuk menggarap potensi ladang migas di dalam negeri, pemerintah juga menyiapkan karpet merah alias membuka peluang bagi perusahaan swasta untuk ikut andil mengelola sumur migas nasional, baik bersama PT Pertamina (Persero) maupun secara swadaya.

Untuk itu, pemerintah meminta Pertamina melepaskan potensi sumur-sumur migas yang tidak bisa dioptimalkan perseroan agar bisa digarap oleh kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) swasta. 

“Bahwa [pemerintah] membolehkan [Pertamina melepas sumur migas] untuk bisa diberdayakan. Mau dilepas langsung atau Pertamina mau kerja sama. Kami memang minta semua itu segera bisa diselesaikan,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif di sela-sela agenda the 4th International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas Industry 2023 (ICIUOG) di Badung, Bali, Jumat (22/9/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.