Kas Negara Putin Tetap Gendut Meski Didera Sanksi

Perekonomian Rusia terbukti tumbuh dengan stabil, meskipun tidak bisa memperdagangkan minyaknya ke Eropa dan terhalang untuk membeli beberapa produk seperti peralatan untuk drone, cip, dan lainnya.

Nindya Aldila

24 Mar 2024 - 20.01
A-
A+
Kas Negara Putin Tetap Gendut Meski Didera Sanksi

Presiden Rusia Vladimir Putin-Russian Presidential Press and Information Office-TASS-Alexei Nikolsky.

Bisnis, JAKARTA - Kantong fiskal Rusia masih solid meski sudah dijatuhi sanksi oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa hingga lebih dari 16.000 aturan larangan usai invasi ke Ukraina pada 2022. 

Perekonomian Rusia terbukti tumbuh dengan stabil, meskipun tidak bisa memperdagangkan minyaknya ke Eropa dan terhalang untuk membeli beberapa produk seperti peralatan untuk drone, cip, dan lainnya. Mitra dari India dan China masih menjadi konsumen setia bagi minyak bumi produksi Rusia. 

Sepanjang 2023, PDB Rusia tumbuh 3,6% dan Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan tumbuh 2,6% pada tahun ini.

Padahal sanksi yang dijatuhi kepada Rusia juga bukan berskala ringan, tetapi melampaui sanksi tradisional secara historis dengan membidik bank dan para elit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kas Negara Putin Tetap Gendut Meski Didera Sanksi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.