Kasak-kusuk Kenakalan Ekspor CPO di PLB, Sumber Sengkarut Migor

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai tengah mendalami adanya dugaan penyelewengan ekspor CPO dari Pusat Logistik Berikat Industri Besar di Sumatra yang ditaksir merugikan negara mencapai sekitar Rp2 triliun sepanjang 2019 hingga 2021.

Wike D. Herlinda

3 Apr 2022 - 21.00
A-
A+
Kasak-kusuk Kenakalan Ekspor CPO di PLB, Sumber Sengkarut Migor

Aktivitas di perkebunan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJT). Istimewa

Bisnis, JAKARTA — Akar persoalan stok dan harga minyak goreng di Tanah Air makin mengerucut pada dugaan penyelewengan ekspor minyak sawit mentah dengan tujuan menghindari kewajiban distribusi untuk kebutuhan bahan baku industri dalam negeri. 

Dalam konteks tersebut, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan tengah mendalami adanya dugaan penyelewengan ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) dari Pusat Logistik Berikat (PLB) Industri Besar di Sumatra yang ditaksir merugikan negara mencapai sekitar Rp2 triliun sepanjang 2019 hingga 2021.

Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai Nirwala Dwi Heryanto mengatakan lembagannya bekerja sama dengan Kejaksaan Agung tengah menindaklanjuti laporan yang disampaikan oleh Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI). 

(BACA JUGA: Gulir Kencang Bola Panas Investigasi Mafia Minyak Goreng)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kasak-kusuk Kenakalan Ekspor CPO di PLB, Sumber Sengkarut Migor

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.