Kata OJK Aturan Baru Penagihan Kredit Tak Perlu Diutak-atik

Otoritas menilai Peraturan OJK No.22 Tahun 2023 tentang Pelindungan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan sudah cukup jelas dan tidak butuh aturan turunan.

Rika Anggraeni

1 Feb 2024 - 19.38
A-
A+
Kata OJK Aturan Baru Penagihan Kredit Tak Perlu Diutak-atik

Ilustrasi leasing kendaraan bermotor./ Dok Freepik

Bisnis, JAKARTA— Otoritas menilai Peraturan OJK No.22 Tahun 2023 tentang Pelindungan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan sudah cukup jelas dan tidak butuh aturan turunan. 

Apalagi dalam penerbitan beleid itu menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga telah melibatkan para pemangku kepantingan. Sebelumnya, Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) meminta adanya aturan turunan dari aturan itu. 

Deputi Komisioner Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan dan Pelindungan Konsumen OJK Sarjito menekankan ketentuan di dalam beleid anyar POJK 22/2023 sudah cukup jelas dan tidak memerlukan adanya turunan seperti SEOJK.

“Kalau dibaca secara lengkap itu clear kok [POJK 22/2023]. Kalau UU kadang-kadang ada tulisan cukup jelas, ada penjelasannya. Tapi ini [POJK 22/2023] jelas, jelas banget. Tapi yang susah ini kan persepsi dulu, ada mental block,” kata Sarjito dalam Media Briefing POJK 22/2023 tentang Pelindungan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan di Gedung Wisma Mulia 2, Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.