Kawal Ketat Akses Internet Sepanjang Jalur Mudik

Kemenkominfo terus melakukan koordinasi dengan penyelenggara telekomunikasi untuk menyiapkan lebar pita (bandwidth) yang cukup agar masyarakat dapat menggunakan layanan telekomunikasi dengan baik selama pekan mudik Lebaran 2022.

Wike D. Herlinda
Apr 29, 2022 - 1:30 PM
A-
A+
Kawal Ketat Akses Internet Sepanjang Jalur Mudik

Petugas pelayanan posko Telkomsel Siaga tengah melayani pemudik di Rest Area 379 ruas Tol Pejagan-Batang, Jawa Tengah, Jumat (29/4/2022). Di Posko mudik Telkomsel Siaga, pemudik dapat mengisi ulang pulsa ataupun paket data internet kartu Telkomsel. Tak hanya itu, pemudik juga bisa mendapatkan doorprize dan menikmati pelayanan posko Telkomsel siaga seperti kopi, teh serta snack. Tersedia Pula kursi pijat elektronik bagi pemudik yang merasa lelah dan membutuhkan istirahat./Bisnis-Muhammad Olga

Bisnis, JAKARTA — Gelombang besar mudik Lebaran 2022 dimulai hari ini, Jumat (29/4/2022). Sudah jauh-jauh hari pemerintah dan pelaku industri mempersiapkan segala sesuatu untuk menunjang periode sibuk ini, tidak terkecual dalam hal konektivitas di seluruh jalur mudik. 

Dalam hal ini, operator seluler mengambil bagian secara serius mempersiapkan peralatan dan personel, baik di pusat-pusat pemantauan atau sistemnya maupun di lapangan untuk memberikan dukungan agar mudik tahun ini dapat berlangsung dengan baik.

"Persiapannya tidak saja yang berkaitan dengan sarana prasarana dan fisik transportasi, tetapi juga sarana dan prasarana digital atau telekomunikasi," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny dalam konferensi pers, Jumat (29/4/2022).

Dalam memastikan kelancaran jaringan dan mengantisipasi peningkatan lalu lintas data internet selama perjalanan mudik dan Lebaran 2022 ini, dia bersama operator telekomunikasi melakukan pemantauan layanan telekomunikasi di jalur mudik, salah satunya ke Cirebon, Jawa Tengah.

Johnny menyebut Kemenkominfo terus melakukan koordinasi dengan penyelenggara telekomunikasi untuk menyiapkan lebar pita (bandwidth) yang cukup agar masyarakat dapat menggunakan layanan telekomunikasi dengan baik.

"Salah satu faktor yang penting yang dapat saya sampaikan di sini, misalnya dari sisi kesiapan bandwidth, Telkom Group telah menyiapkan pemenuhan alat produksi Telkom yang berupa yang pertama IP backbone sebesar 2 terabyte. Aggregation 15 terabyte dan access 17 terabyte yang dianggap cukup melayani lonjakan trafik selama masa Lebaran dan mudik ini," ucap Menkominfo.

Selanjutnya, sambung Johnny, juga disiapkan perangkat stasiun pemancar atau base reciever station (BTS) dengan tambahan sekitar 200 unit BTS 4G LTE. Kemudian juga disediakan kurang lebih 237 SPBU digital yang didukung oleh 321 personel. 

Petugas pelayanan posko Telkomsel Siaga tengah melayani pemudik di Rest Area 379 ruas Tol Pejagan-Batang, Jawa Tengah, Jumat (29/4/2022). Di Posko mudik Telkomsel Siaga, pemudik dapat mengisi ulang pulsa ataupun paket data internet kartu Telkomsel. Tak hanya itu, pemudik juga bisa mendapatkan doorprize dan menikmati pelayanan posko Telkomsel siaga seperti kopi, teh serta snack. Tersedia Pula kursi pijat elektronik bagi pemudik yang merasa lelah dan membutuhkan istirahat./Bisnis-Muhammad Olga

MERATA BERKUALITAS

Direktur Network Telkomsel Nugroho memastikan kesiapan akses jaringan telekomunikasi terutama pita lebar (broadband) yang merata dan berkualitas guna menunjang aktivitas digital masyarakat di titik transportasi dan jalur mudik momen Lebaran 2022.

Dia memerinci, Telkomsel telah melakukan sejumlah upaya seperti penambahan infrastruktur BTS 4G/LTE, pengoperasian Compact Mobile BTS (COMBAT), penambahan kapasitas jaringan, serta monitoring berkala untuk pengamanan kualitas akses jaringan guna memastikan kenyamanan pelanggan di momen tersebut.

Untuk jalur mudik di Pulau Jawa hingga Bali dan Nusa Tenggara, Telkomsel telah menambah sebanyak 516 unit BTS 4G/LTE baru dan 40 unit COMBAT, serta melakukan upgrade di 266 unit BTS 4G/LTE. 

“Sedangkan untuk pengamanan jaringan sepanjang jalur mudik di Pulau Sumatra, Telkomsel menambah 115 unit BTS 4G/LTE baru, dengan pengoperasian 16 unit COMBAT, dan upgrading sebanyak 271 BTS 4G/LTE," terang Nugroho.

Dia menambahkan, memasuki momen Ramadan 2022, Telkomsel sendiri telah melakukan rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 15.371 km, yang difokuskan untuk memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan broadband.

Jariangan tersebut menjangkau 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia, terutama jalur mudik di Pulau Jawa dan Pulau Sumatra yang diprediksi jadi jalur paling padat di momen mudik Lebaran kali ini.

Telkomsel, lanjut dia, juga menggelar sebanyak 139 Posko Telkomsel Siaga yang tersebar di seluruh Indonesia untuk melayani berbagai kebutuhan pelanggan untuk produk dan layanan di sepanjang jalur dan titik transit mudik, seperti di bandar udara, pelabuhan, terminal, stasiun kereta, dan sejumlah rest area jalur tol utama.

Telkomsel turut melakukan penambahan kapasitas jaringan sekira 932 Gbps untuk Gateway GPRS Support Node (GGSN) sehingga total kapasitas yang akan melayani trafik komunikasi selama momen Ramadan dan Lebaran 2022 jadi 10.032 Gbps. 

“Sementara itu, untuk Internet IX ada penambahan kapasitas sebesar 290 Gbps sehingga total kapasitas menjadi 6.390 Gbps," tuturnya.


Di sisi lain, PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mencatat secara umum, dalam kurun waktu sepekan periode arus mudik terpantau adanya peningkatan trafik yang cukup signifikan. Diperkirakan trafik sepanjang libur Lebaran akan meningkat mencapai 10-30 persen dibanding hari normal. 

Sebagai langkah antisipasi, Direktur sekaligus Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengungkapkan bahwa perusahaan telah meningkatkan kapasitas jaringan sebesar dua kali lipat dibanding hari normal.

"XL Axiata juga telah menyiapkan tim jaringan, baik di pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center [CESOC] di XL Axiata Tower maupun di lapangan. Tim tersebut akan berjaga selama 24 jam sehari hingga masa liburan berakhir," ucap Gede.

Dia menilai, peningkatan trafik tersebut terpacu oleh perkembangan teknologi seperti penggunaan video streaming, music, maps, dan gaming yang makin meningkat.

Untuk itu, sambung Gede, sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik, khususnya di Pulau Jawa, akan menjadi perhatian khusus. 

Dia memprediksi wilayah yang akan mengalami peningkatan trafik layanan data adalah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Lampung, Medan, Bali, Yogyakarta dan sebagainya.

"Salah satu langkah antisipasi peningkatan trafik, dilakukan pengerahan 50 armada mobile BTS untuk mendukung penguatan jaringan di 10 lokasi rest area atau lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik. Peningkatan kapasitas jaringan juga dilakukan di berbagai wilayah/lokasi yang diprediksi berpotensi terjadi kenaikan trafik serta tentunya termasuk dengan penyediaan mobile BTS," tutur Gede.

PENINGKATAN TRAFIK

Sementara itu, SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang mengatakan terjadi peningkatan trafik layanan data di lokasi-lokasi yang merupakan jalur mudik sebesar 3—4 kali dibandingkan dengan hari biasanya.  

Menurut dia, peningkatannya sangat fluktuatif. Namun begitu, Steve belum bisa memerinci di mana saja lokasi atau titik yang mengalami peningkatan trafik tersebut.

"Saya belum bisa kasih poin jelas, tetapi di lolasi yang banyak stuck [padat/macet] di jalur mudik saat ini itu peningkatannya bisa 3—4 kali. Jadi di beberapa tempat yang memang terjadi perlambatan cenderung stuck," ujarnya.

Lebih lanjut dalam rangka menyambut masa libur Lebaran 2022, Indosat Ooredoo Hutchison melakukan optimalisasi jaringan pada 300 titik pusat keramaian di seluruh Tanah Air seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

Berbekal pengalaman di masa Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, IOH juga mengantisipasi peningkatan trafik data tertinggi di Botabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 

Peningkatan tren trafik layanan data ini, menurut Ketua Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia ITB Ian Yosef M. Edward, memang cenderung mengikuti arus mudik Lebaran. 

Dia menilai, pada titik-titik kemacetan, trafik internet seluler akan meningkat tajam dan layanan akan terasa lebih lambat.

"Trennya akan meningkat. Puncaknya pada saat menjelang atau setelah berbuka puasa dan biasanya terjadi di titik kemacetan, termasuk rest area. Perlu ditambahkan mobile BTS dan pengaturan bandwidth yang lebih besar untuk daerah tertentu. Bisa menggunakan VSAT IP sebagai solusi cepat," imbuh Ian. 

Guna memantau kelancaran dan kesiapan infrastruktur saat arus mudik, Bisnis Indonesia kembali menggelar Jelajah Lebaran 2022 setelah absen pada 2020 dan 2021.

Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia dilaksanakan pada Rabu (27/4/2022) hingga Rabu (4/5/2022). Jelajah Lebaran 2022 dilakukan dengan perjalanan melalui dua rute. 

Pertama, untuk rute Jawa—Bali  dilaksanakan dengan menyusuri jalan tol Trans Jawa dan dilanjutkan menyisir jalur pantai utara (pantura) menuju Banyuwangi dan dilanjutkan penyeberangan ke Bali. 

Kedua, untuk rute Sumatra  melalui jalan tol Trans-Sumatra dari Lampung hingga Dumai, Riau. (Rahmi Yati)

Editor: Wike Dita Herlinda