Kawal Ketat Alur Distribusi STB untuk Siaran TV Digital 2022

Hasil penghitungan sementara dengan mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kementerian Sosial, terdapat sebanyak 6,7 juta rumah tangga miskin yang berdomisili di daerah yang akan dilaksanakan migrasi siaran analog ke siaran TV digital.

Leo Dwi Jatmiko & Wike D. Herlinda*

17 Nov 2021 - 13.43
A-
A+
Kawal Ketat Alur Distribusi STB untuk Siaran TV Digital 2022

Ilustrasi siaran televisi digital/freepik

Bisnis, JAKARTA — Pemerintah akan segera mendistribusikan perangkat penerima siaran digital kepada masyarakat miskin, sejalan dengan makin dekatnya tenggat analog switch off tahap pertama. Sejauh ini, kesiapan pengadaan set top box diklaim telah mencapai 4 juta unit.

Menurut catatan Kementerian Komunikasi dan Informatika, peranti penerima siaran digital atau set top box (STB) telah terkumpul sekitar 60% dari target 5,7 juta perangkat dari lembaga penyiaran swasta (LPS) penyelenggara multiplexing (mux). 

STB itu akan disalurkan ke warga miskin untuk menyukseskan jalannya peralihan siaran analog ke digital atau analog switch off (ASO) yang ditenggat pada 2 November 2022. 

Dalam pemaparan di Komisi I DPR RI, Selasa (16/11/2021), Menkominfo Johnny G. Plate menyebutkan sebanyak 4 juta unit STB telah terkumpul dari penyelenggara mux. Sementara itu, pemerintah akan mengusahakan kekurangannya sebanyak 3 juta STB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike D. Herlinda
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.