Kawasan Euro Terperangkap Lubang Resesi

Resesi di kawasan euro makin jelas seiring dengan aktivitas bisnis yang melambat, kinerja ekspor yang loyo, kredit rumah yang mahal, dan inflasi yang belum reda.

Nindya Aldila

11 Des 2023 - 20.27
A-
A+
Kawasan Euro Terperangkap Lubang Resesi

Bendera Uni Eropa (JIBI/Bisnis)

Bisnis, JAKARTA - Perlambatan ekonomi yang mengarah pada resesi di zona Euro makin jelas seiring dengan naiknya harga sewa maupun kredit rumah. Harga energi yang melambung juga menambah kesulitan ekonomi kawasan ini. 

Aktivitas bisnis di kawasan euro melambat pada November, ditunjukkan oleh Indeks Pembelian Manajer Komposit yang baru saja dirilis oleh S&P Global masih di angka 47,6. Meski angka itu sudah naik dari 46,5 pada Oktober, capaian PMI masih di rentang kontraksi karena di bawah 50.  

Hal itu sejalan dengan kontraksi pada pertumbuhan ekonomi kuartal III/2023 sebesar 0,1 persen, lebih rendah dari kuartal sebelumnya yang tumbuh sebesar 0,1 persen. Dengan indikator penting seperti PMI dan pertumbuhan ekonomi, kondisi itu diyakini sebagai gejala kuat akan resesi.  

Kepala ekonom Hamburg Commercial Bank Cyrus de la Rubia mencatat bahwa industri jasa harus ikut berjuang di tengah kondisi ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kawasan Euro Terperangkap Lubang Resesi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.