Free

Kawasan Industri Ditarget Terapkan Eco Industrial Park pada 2024

Model standar EIP akan mulai diperluas 138 kawasan industri di Indonesia. Langkah tersebut nantinya akan dibarengi dengan pendirian Pusat EIP di Tanah Air.

Jaffry Prabu Prakoso

18 Nov 2022 - 15.27
A-
A+
Kawasan Industri Ditarget Terapkan Eco Industrial Park pada 2024

Masterpland Batang Industrial Park (BIP), salah satu proyek kawasan industri di Batang, Jawa Tengah, besutan emiten properti PT Intiland Development Tbk (DILD). /Intiland.

JAKARTA – Sebanyak 138 kawasan industri (KI) di Tanah Air ditargetkan sudah menerapkan model eco industrial park (EIP) pada 2024. Pemerintah menggandeng Korean Energy Agency (KEA) dan Ulsan College untuk merealisasikan hal tersebut.

Koordinator Pembangunan Kawasan Industri Tertentu Direktorat Perwilayahan Industri Ditjen KPAII Kementerian Perindustrian La Ode Ikrar Hastomi mengatakan bahwa kedua badan tersebut menunjuk Ecosian Co. Ltd untuk mendirikan proyek percontohan EIP di Indonesia.

Ecosian Co. Ltd merupakan sebuah perusahaan konsultan lingkungan yang terdaftar di Pusat dan Jaringan Teknologi Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).


Tangkapan layar - Kawasan Industri Hijau Indonesia di Kalimantan Utara akan menjadi kawasan industri hijau terbesar di dunia. JIBI/Bisnis-Nancy Junita 


"Bekerjasama dengan Direktorat Kawasan Industri Kementerian Perindustrian, Ecosian Co. Ltd. menunjuk satu kawasan industri di Indonesia untuk menjadi pilot project EIP Korean Model, yakni Krakatau Sarana Properti (KSP)," jelasnya kepada Bisnis, Kamis (17/11/2022).

Pada pertengahan tahun ini, Ecosian Co. Ltd dan Ulsan College mengirimkan delegasi yang diketuai oleh Profesor Park Hung-Suck dari Ulsan College untuk mengumpulkan data dan menganalisis potensi simbiosis industri di KSP.

Rencana proyek pemasangan EIP Korean Model di Indonesia meliputi sejumlah langkah. Pertama, penerapan standar EIP terhadap 92 perusahaan di KSP. Ini dilanjutkan dengan komersialisasi model bisnis EIP yang ditarget terealisasi paling lambat 31 Desember tahun ini.

Kedua, model standar EIP akan mulai diperluas ke sebanyak 138 kawasan industri di Indonesia. Langkah tersebut nantinya akan dibarengi dengan pendirian Pusat EIP di Tanah Air. Tahap kedua ini ditargetkan rampung pada Desember 2024.

Baca juga: Upaya Net Zero Emission di Indonesia Kian Bertenaga

Selain KSP, program EIP menjadikan 3 kawasan industri di Indonesia lainnya untuk menjadi pilot project. Antara lain, KI Batamindo, KI MM2100, dan Karawang International Industrial City (KIIC).

Program tersebut didanai oleh Swiss Secretary For Econimic Cooperation (SECO) dengan UNIDO dan Kemenperin sebagai pelaksana Teknis.

Programnya sendiri menjadikan tiga kawasan industri di Indonesia utk menjadi pilot project untuk ditransformasi menjadi EIP. KI tersebut adalah KI Batamindo, KI MM2100, dan KIIC.

"Mungkin status sebagai EIP pilot project bisa digunakan oleh KI sebagai branding untuk mendapatkan investasi," kata La Ode.

Grup Bakrie Kembangkan Kawasan Industri Nol Emisi

Emiten induk Grup Bakrie, PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR) dan Envision Group telah menandatangani head of agreement (HoA) pada Minggu (13/11/2022) melanjutkan rencana kedua perusahaan membangun kerja sama di bidang industri ramah lingkungan dengan membangun kawasan industri nol emisi di Sulawesi Tengah.

Baca juga: World Bank Dukung Upaya Transisi Energi Indonesia

Penandatanganan ini dilakukan oleh Presiden Direktur & CEO BNBR Anindya N. Bakrie dan Envision Founder & CEO Lei Zhang di Nusa Dua, Bali, Indonesia di sela-sela rangkaian acara KTT G20.

Kedua pihak bermaksud menjajaki prospek pengembangan teknologi industri net zero dan berpotensi untuk membangun net zero industrial park yang pertama di Indonesia yang berlokasi di wilayah Sulawesi Tengah.

Anin menyatakan bahwa perjanjian tersebut memungkinkan kedua perusahaan bersama-sama mengeksplorasi pengembangan proyek-proyek energi terbarukan.

Hal ini termasuk yang memanfaatkan tenaga angin, surya, amonia hijau dan hidrogen hijau berikut rangkaian penggunaan hilirnya serta pengembangan sistem penyimpanan energi (energy storage system development).

“Kami melihat kemungkinan pengembangan solusi digital net zero di Indonesia dengan memanfaatkan sistem yang telah dibuat oleh pihak Envision Digital secara komprehensif," kata Anin, Minggu (13/11/2022).


Suasana di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Tolo di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Kamis (30/6/2022). PLTB tersebut mulai beroperasi pada 2019 ini memiliki kapasitas 72 megawatt (MW) dan masuk ke dalam sistem kelistrikan Sulawesi bagian selatan (Sulbagsel). Bisnis/Paulus Tandi Bone


Melalui anak usaha rintisan VKTR, BNBR tengah berupaya membangun elektrifikasi transportasi yang terintegrasi, serta ekosistem baterai EV di Indonesia.

BNBR juga berencana membangun kapasitas rantai pasok baterai secara lengkap dari hulu hingga hilir yang akan dijalankan dengan tetap menerapkan protokol ESG yang ketat.

“Bersama Envision dan mitra-mitra lain di masa datang, kami berharap dapat meningkatkan keamanan pasokan unit nikel dan bahan baku lainnya, terus memperluas kapasitas konversi nikel sulfat, memproduksi baterai secara mandiri, dan pada akhirnya dapat juga memproduksi pCAM dan CAM secara mandiri di Indonesia”, tambah Anin. (Rahmad Fauzan dan Rinaldi Mohammad Azka)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.