KBank Akuisisi BMAS, Cengkraman Bank Asal Thailand Makin Kuat

Setelah sebelumnya Bangkok Bank lebih dahulu masuk ke Indonesia dengan membeli mayoritas saham PT Bank Permata Tbk. (BNLI), kini giliran Kasikornbank menambah kuat cengkraman industri keuangan Thailand ke Bumi Pertiwi melalui akuisisi atas Bank Maspion.

Emanuel Berkah Caesario

30 Mei 2022 - 20.01
A-
A+
KBank Akuisisi BMAS, Cengkraman Bank Asal Thailand Makin Kuat

Bank Maspion/Bisnis.com

Bisnis, JAKARTA — PT Bank Maspion Indonesia Tbk. (BMAS) menyampaikan pengumuman mengejutkan hari ini, Senin (30/5), yakni bahwa kepemilikan mayoritas atas saham perseroan bakal beralih dari Grup Maspion ke grup keuangan asal Thailand, yakni Kasikornbank Public Company Limited (KBank).

Pengumuman tersebut disampaikan secara bersamaan oleh manajemen Bank Maspion dan manajemen Kasikornbank di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Efek Thailand, Senin (30/5).

Aksi ini tampaknya tidak lepas dari faktor kewajiban pemenuhan modal inti minimum bank yang dipersyaratkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni minimal mencapai Rp3 triliun pada akhir tahun ini. Adapun, total ekuitas BMAS per akhir 2021 lalu baru mencapai Rp1,33 triliun.

Kewajiban tersebut telah diatur dalam Peraturan OJK (POJK) No. 12/POJK.03/2020 tentang Konsolidasi Bank Umum. OJK sudah memberikan jeda waktu yang cukup panjang untuk memenuhi ketentuan ini, yakni sejak 2020 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

KBank Akuisisi BMAS, Cengkraman Bank Asal Thailand Makin Kuat

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.