Ke Swiss Melobi Percepatan Pencabutan Sanksi WADA

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk segera menyelesaikan permasalahan sanksi dari WADA.

Zufrizal

7 Des 2021 - 18.54
A-
A+
Ke Swiss Melobi Percepatan Pencabutan Sanksi WADA

Logo WADA.-Istimewa

Bisnis, JAKARTA — Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Sanksi World Anti-Dumping Agency dan Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) pada Selasa (7/12/2021) bertolak ke kantor badan antidoping dunia tersebut di Lausanne, Swiss guna melanjutkan diplomasi terkait pencabutan sanksi.

Kunjungan Gugus Tugas yang dipimpin Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari ke Lausanne itu bertujuan untuk membahas kemungkinan percepatan pencabutan sanksi yang berlaku satu tahun sejak dijatuhkan pada awal Oktober lalu.

Okto, sapaan karib Raja Sapta, berharap agar kunjungan mereka dapat membuahkan hasil positif sehingga LADI bisa segera terbebas dari sanksi dan Indonesia bisa mendapatkan kembali hak-haknya di kejuaraan olahraga internasional.

“Kami mohon doa seluruh masyarakat Indonesia agar kami dapat menjalankan tugas yang sudah diamanatkan kepada kami, yakni akselerasi sanksi WADA ini secepatnya,” kata Okto melalui siaran pers seperti dikutip dari Antara, Selasa.

Okto berangkat bersama Sekretaris Jenderal Gugus Tugas Fitrian Yudis, Wakil Ketua LADI Rheza Maulana, dan Tenaga Ahli Gatot S. Dewa Broto. Mereka dijadwalkan bertemu WADA pada Rabu (8/12/2021) sore waktu setempat.

LADI sebelumnya hampir merampungkan persyaratan serta permasalahan yang tertunda (pending matters) yang menjadi penyebab sanksi WADA.

Beberapa syarat yang sudah diselesaikan LADI antara lain menyangkut susunan pengurus penuh waktu di LADI serta rencana tes doping (TDP) yang meliputi tes di dalam dan luar kompetisi.

“Gugus Tugas akan berusaha maksimal melakukan diplomasi sehingga sanksi WADA terhadap LADI bisa segera ditangguhkan. Ini bukan cuma untuk melihat Merah Putih berkibar lagi, tetapi juga Indonesia memiliki banyak rencana untuk membawa banyak event olahraga ke Indonesia," ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk segera menyelesaikan permasalahan sanksi dari WADA.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat rapat kabinet terbatas bersama Menpora Zainudin Amali dan dan Ketua Umum LADI di Istana Negara, Jumat (22/10/2021) siang.

Ratas tersebut membahas terkait dengan adanya sanksi dari WADA terhadap LADI karena dianggap belum patuh terhadap prosedur penanganan doping di tanah air yang berujung bendera Merah Putih tidak dapat dikibarkan pada saat Juara Piala Thomas beberapa waktu lalu.

Menpora mengatakan, Presiden Jokowi turut memantau dan mencermati perkembangan kasus ini sehingga dalam ratas tersebut, Menpora melaporkan terkait situasi terakhir penanganan kasus tersebut dan juga melaporkan upaya-upaya yang dilakukan Kemenpora dan LADI membentuk tim akselerasi dan investigasi terkait sanksi WADA terhadap LADI tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.