KEBERADAAN FOOD ESTATE : Strategi Tak Mapan di Lumbung Pangan

Proyek pengembangan lumbung pangan atau food estate sejatinya menjadi tumpuan untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Yanita Petriella

3 Apr 2023 - 08.18
A-
A+
KEBERADAAN FOOD ESTATE : Strategi Tak Mapan di Lumbung Pangan

Program food estate cukup mendesak untuk menggenjot produksi beras nasional, menilik data luasan panen yang trennya susut.

Bisnis, JAKARTA – Proyek pengembangan lumbung pangan atau food estate sejatinya menjadi tumpuan untuk memenuhi kebutuhan pangan. Pemerintah perlu kembali mengatur strategi yang tepat dan rasional, agar urusan ‘perut’ masyarakat dapat terjamin.

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas Santosa mengatakan bahwa pengembangan lahan skala besar seperti food estate saat ini kerap rancu. Banyak proyek intensifikasi pangan yang dikategorikan sebagai food estate, sehingga tidak sesuai tujuan awal.

Semula, program food estate bertujuan untuk menggantikan lahan sawah di Pulau Jawa yang terus berkurang akibat alih fungsi, terutama menjadi hunian. Misalnya, pada 2012 lahan sawah di Jawa masih seluas 8,38 juta hektare, tetapi pada 2019 sudah menjadi 7,46 juta hektare.

“Perlu dicari upaya untuk menggantikan lahan sawah agar digantikan di luar Jawa. Kalau sekarang berbagai proyek pertanian dikategorikan sebagai food estate tentu salah kaprah,” ujar Andreas kepada Bisnis, Rabu (29/3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

KEBERADAAN FOOD ESTATE : Strategi Tak Mapan di Lumbung Pangan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.