Kebijakan Ambigu Kemenhub Soal Tarif Pesawat

Kebijakan Kementerian Perhubungan terkait penyesuaian fuel surcharge bertolak belakang dengan pernyataan pejabatnya. Setelah mengizinkan adanya tambahan tarif tiket pesawat, Kemenhub malah meminta maskapai menerapkan harga terjangkau bagi penumpang kelas ekonomi.

Rayful Mudassir

10 Agt 2022 - 20.05
A-
A+
Kebijakan Ambigu Kemenhub Soal Tarif Pesawat

Bisnis, JAKARTA - Setelah memberikan pelonggaran kewajiban biaya tambahan berupa fuel surcharge, Kementerian Perhubungan malah meminta maskapai dapat menekan tarif tiket pesawat. Permintaan ini terkesan ambigu bila merujuk regulasi yang diterbitkan. 

Pekan lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerbitkan Kepmenhub No 142/2022 tentang besaran biaya tambahan yang disebabkan adanya fluktuasi bahan bakar (fuel surcharge) kepada tarif penumpang pesawat kelas ekonomi di dalam negeri.

Regulasi anyar ini mengatur besaran biaya tambahan untuk pesawat udara jenis jet paling tinggi 15% dari tarif batas atas (TBA) sedangkan pesawat udara jenis propeller atau baling-baling paling tinggi 25% dari TBA. Ketentuan baru itu berlaku selama 3 bulan sejak aturan itu diundangkan pada 4 Agustus 2022.

Sebelumnya penambahan biaya telah berlaku sejak 18 April melalui KMP No 68/2022. Pada aturan lama, fuel surcharge hanya diberikan kelonggaran 10 persen dari TBA untuk pesawat jenis jet dan 20 persen dari TBA khusus untuk pesawat ATR Cs.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.