KEBIJAKAN ENERGI NASIONAL: Target Transisi yang Tergeser

Dalam catatan Institute for Essential Services Reform (IESR), penetapan target bauran EBT yang rendah pada 2025 dan 2030, tidak sejalan dengan target bauran energi terbarukan dalam kesepakatan Just Energy Transition Partnership (JETP) yang membidik 44% pada 2030.

Tim Redaksi

10 Jun 2024 - 08.08
A-
A+
KEBIJAKAN ENERGI NASIONAL: Target Transisi yang Tergeser

Ilustrasi aktivitas transisi energi./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Perluasan izin usaha pertambangan kepada badan usaha yang dimiliki oleh organisasi kemasyarakatan, baik keagamaan maupun nonkeagamaan, memunculkan tanda tanya baru. Apakah proyek transisi energi mulai tersisih?

Bulan ini menjadi periode krusial bagi pemerintah dalam merampungan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait dengan kebijakan energi nasional. Target RPP untuk memperbarui Peraturan Pemerintah No. 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional.

Beberapa poin yang sempat menjadi pembicaraan di tengah masyarakat terkait dengan RPP tersebut yaitu turunnya porsi bauran energi baru terbarukan (EBT) yang semula 25% pada tahun depan, menjadi 17%—19%. Lalu, target pada 2030 dipatok antara 19%—21%.

Target pemanfaatan EBT kembali digenjot pada 2050, dari semula 30% menjadi 58%—61% dan pada 2060 menjadi lebih besar lagi yakni mencapai 70%—72%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.