Kebutuhan Melejit, Kadin-IISIA Gelar Forum Baja Terbesar 2022

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan The Indonesian Iron and Steel Industry Association (IISIA) akan menyelenggarakan pameran industri baja terbesar di Indonesia, IISIA Business Forum (IBF) 2022, 1-3 Desember di Grand City & Exhibition Centre, Surabaya, Jawa Timur.

Fatkhul Maskur

24 Nov 2022 - 13.30
A-
A+
Kebutuhan Melejit, Kadin-IISIA Gelar Forum Baja Terbesar 2022

Saat ini, industri baja nasional masih menghadapi tantangan, yang mana utilisasi kapasitas produksi nasional masih sangat rendah yaitu rata-rata 54 persen. - Foto Antara

Bisnis, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan The Indonesian Iron and Steel Industry Association (IISIA) akan menyelenggarakan pameran industri baja terbesar di Indonesia, IISIA Business Forum (IBF) 2022, 1-3 Desember di Grand City & Exhibition Centre, Surabaya, Jawa Timur.

Ketua Umum IISIA Silmy Karim mengatakan pameran tersebut mempertemukan seluruh stakeholder industri baja, konstruksi, manufaktur dan infrastruktur untuk bersinergi membangun industri nasional. “Serta memberikan resolusi atas isu-isu dan tantangan ke depannya,” ujar Silmy di Menara Kadin di Jakarta, Rabu (23/11/2022). 

Beberapa hal yang menjadi perhatian di antaranya agenda pembangunan nasional yang telah dicanangkan pemerintah seperti pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), akselerasi pembangunan infrastruktur pendukung transformasi ekonomi, hilirisasi, dan industrialisasi sumber daya alam termasuk industri kendaraan listrik.

Saat ini, industri baja nasional masih menghadapi tantangan, yang mana utilisasi kapasitas produksi nasional masih sangat rendah yaitu rata-rata 54 persen. Level ini masih jauh dari good utilization sebesar 80 persen karena masih tingginya jumlah produk baja impor.

“Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kami berupaya menyuarakan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) melalui seminar yang juga diadakan bersama institusi pendidikan di IBF 2022 ini,” tambahnya.

Ajang tersebut diharapkan dapat mempertemukan seluruh stakeholder industri baja nasional, termasuk di antaranya pelaku industri baja, konstruksi, manufaktur dan infrastruktur, pemerintah, masyarakat pengguna baja maupun perguruan tinggi serta pemangku kepentingan lainnya. 


Baca Juga : Negara Produsen Baja Terbesar di Dunia : Performa China Melemah

KEBUTUHAN IKN

IISIA mengestimasikan kebutuhan baja untuk pembangunan infrastruktur proyek Ibu Kota Negara (IKN) baru mencapai 9,3 juta ton. IISIA bertekad kebutuhan baja untuk pembangunan infrastruktur proyek IKN seluruhnya akan dipasok oleh asosiasi.

Adapun produksi baja nasional untuk kebutuhan konstruksi saat ini masih berada di kisaran 10,92 juta ton per tahun. Dengan demikian, industri baja nasional perlu menggandakan produksi untuk bisa memenuhi kebutuhan di dalam negeri yang meningkat. "Terkait kesiapan, IISIA siap untuk memasok 100 persen kebutuhan baja untuk proyek infrastruktur IKN," kata Silmy. 

Mengutip data IISIA, baja untuk kebutuhan konstruksi di Tanah Air sebesar 78 persen dari total produksi tahunan nasional yang mencapai 14 juta ton. Sisanya, 8 persen untuk transportasi, minyak dan gas 7 persen, permesinan 4 persen, dan lain-lain 3 persen.

Sebagaimana diketahui, pembangunan tahap awal IKN Nusantara ditargetkan selesai pada 2024.

Pada tahap awal pembangunan difokuskan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di mana akan dibangun gedung perkantoran pemerintahan, fasilitas kesehatan, dan fasilitas hiburan.

IISIA kian optimistis penyediaan baja untuk proyek infrastruktur IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sejalan dengan peningkatan produksi baja tahun depan dari 14 juta ton menjadi 16,3 juta ton.

Selain itu, apabila produksi baja tahun depan meningkat, utilisasi kapasitas produksi baja nasional masih sangat rendah, yakni rata-rata 54 persen dapat terdongkrak. Adapun, standar good utilization baja adalah 80 persen. (Rahmad Fauzan, Nancy Junita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.