Free

Kecepatan Unduh Hasil Uji Coba Jaringan Starlink 17 Mbps di Android

Satelit Starlink berhasil mencapai kecepatan unduh antara 15,6Mbps hingga 17,2Mbps saat mengirimkan file sebesar 60,3MB.

Redaksi

6 Apr 2024 - 20.29
A-
A+
Kecepatan Unduh Hasil Uji Coba Jaringan Starlink 17 Mbps di Android

Bisnis, JAKARTA – SpaceX selesai melakukan uji coba sistem Starlink menggunakan jaringan seluler. Di situ menunjukkan bahwa perusahaan dirgantara luar angkasa milik Elon Musk tersebut mampu memberikan kecepatan unduh hingga 17 Mbps ke smartphone android.

Dalam tes menggunakan ponsel Android Samsung itu, satelit Starlink berhasil mencapai kecepatan unduh antara 15,6Mbps hingga 17,2Mbps saat mengirimkan file sebesar 60,3MB.

"SpaceX baru saja mencapai kecepatan pengunduhan puncak 17Mb/s dari satelit langsung ke ponsel Android Samsung yang tanpa modifikasi," melansir postingan X milik Musk, Jumat (5/4/2024),

Baca juga: Rugi Intel Makin Besar Jadi Rp111 triliun Pada 2023

Postingan tersebut menunjukkan bahwa sistem seluler Starlink dari SpaceX dapat menyediakan kecepatan yang mirip dengan 4G LTE, meskipun pada tingkat yang lebih rendah dan dengan tingkat kehilangan paket sebesar 15%.

Perlu diketahui, bahwa kehilangan paket adalah masalah yang terjadi ketika sebagian paket data yang ditransmisikan antara dua atau lebih titik (misalnya, server) di internet atau jaringan seolah-olah hilang atau tidak benar.

Koneksi ini melakukan koreksi otomatis untuk hal ini, namun hal tersebut dapat mengakibatkan penundaan tambahan seperti peningkatan waktu latensi atau masalah lainnya.

Dalam cuitan lanjutan, Musk menyatakan bahwa ini adalah kecepatan puncak dalam pancaran yang mencakup wilayah geografis yang luas dan akan paling bermanfaat di lokasi terpencil dengan tingkat interferensi radio rendah yang biasanya dikaitkan dengan jaringan seluler yang ada.



Menurut ahli astronomi Jonathan McDowell, satelit Starlink seluler saat ini mengorbit Bumi pada jarak 360 kilometer, atau sekitar 200 kilometer di bawah ketinggian operasional akhir mereka. Oleh karena itu, kecepatan unduh puncaknya kemungkinan akan berkurang ketika satelit mencapai orbit yang lebih tinggi.

Meskipun demikian, hasil uji kecepatan menunjukkan bahwa sistem Starlink seluler SpaceX unggul dalam penyediaan data ke telepon seluler dibandingkan dengan penyedia satelit lainnya. Contohnya Apple yang telah menghadirkan Layanan SOS Darurat berbasis satelit untuk iPhone, layanan tersebut saat ini hanya terbatas pada pengiriman pesan teks.

Baca juga: SpaceX Pamer Starlink, Kecepatan Unduh Sentuh 17 Mbps di Hape Android

Saat ini, SpaceX sedang mengembangkan sistem "Direct to Cell" Starlink untuk memungkinkan pengguna tetap terhubung ke internet di area tanpa sinyal seluler. Mereka hanya perlu menggunakan ponsel mereka di tempat yang memiliki pandangan langit yang bersih.

DtC dirancang terutama untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dasar di daerah dengan sinyal seluler yang tidak dapat diandalkan, tidak pasti, atau bahkan tidak ada sama sekali, sehingga kemampuan untuk mencapai kecepatan broadband seluler yang cepat tidak sepenting seperti yang akan terjadi pada jaringan seluler normal. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.