Kegagalan DMO Batu Bara Putuskan Jerat Oversuplai Semen

Pemerintah dan DPR dikabarkan telah menyepakati alokasi khusus batu bara untuk industri semen setelah praktik DMO terbentur kendala pemerataan di lapangan.

Wike D. Herlinda

19 Apr 2022 - 17.30
A-
A+
Kegagalan DMO Batu Bara Putuskan Jerat Oversuplai Semen

Karyawan PT Semen Baturaja (Persero) Tbk mengecek produksi semen di pabrik perseroan. istimewa

Bisnis, JAKARTA — Tidak kunjung meratanya distribusi batu bara harga khusus untuk industri menjadi pemicu industri semen nasional terus gagal mencatatkan perbaikan ekspor sebagai upaya memutus rantai oversuplai di dalam negeri. 

Menurut catatan Asosiasi Semen Indonesia (ASI), ekspor komoditas bahan bangunan itu hanya mencapai 2,1 juta ton pada kuartal I/2022, merosot sekitar 25 persen dibandingkan dengan periode yang sama 2021.

Ketua Umum ASI Widodo Santoso mengatakan angka ekspor tersebut terdiri atas 400.000 ton semen dan 1,8 juta ton klinker. 

Permasalahannya, kata Widodo, kebijakan harga domestic market obligation (DMO) senilai US$90 per metrik ton untuk batu bara belum berjalan dengan baik meski sudah diberlakukan sejak November 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kegagalan DMO Batu Bara Putuskan Jerat Oversuplai Semen

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.