Kejar-kejaran Selesaikan Konstruksi Jalan Tol Sebelum Tahun 2024

Para BUJT diminta untuk bisa menyelesaikan proyek-proyek jalan tol yang tengah dalam konstruksi sebelum 2024. Hal itu seiring berakhirnya pemerintahan Presiden Jokowi pada 2024 mendatang. Artinya, BUJT hanya memiliki waktu sekitar 2 tahun agar bisa menyelesaikan sejumlah ruas dengan kualitas terbaik

Yanita Petriella

1 Jul 2022 - 20.51
A-
A+
Kejar-kejaran Selesaikan Konstruksi Jalan Tol Sebelum Tahun 2024

Ilustrasi jalan tol

Bisnis, JAKARTA – Upaya untuk penyelesaian jalan tol terus dikebut. Terlebih, masa pemerintahan Presiden Joko Widodo sebentar lagi tahun 2024 mendatang berakhir. Otomatis sejumlah proyek pembangunan jalan infrastruktur tengah dikebut agar bisa selesai sebelum jabatan pemerintahan berganti. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pun meminta kepada para anggota Asosiasi Jalan Tol (ATI) untuk bisa menyelesaikan proyek-proyek yang tengah dalam konstruksi sebelum 2024. Hal itu diucapkan oleh Basuki dihadapan para pengelola jalan tol saat Hari Jadi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di Senggigi Lombok pada Senin (27/6/2022). 

Dengan sisa waktu kurang lebih sekitar 2 tahun, seluruh anggota ATI dapat bekerja keras mempercepat penyelesaian konstruksi berbagai ruas jalan tol seperti lanjutan backbone ruas tol Trans Sumatra, ruas tol Trans Jawa, ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II, ruas Tol Semarang – Demak, ruas Tol Ciawi – Sumedang – Dawuan. Lalu juga ruas Jogja – Solo, Tol Jogja – Bawen, Tol Gilimanuk – Mengwi, Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap, dan termasuk Tol Akses IKN Nusantara di Kaltim. 

Pada periode tahun 2015 – 2019, Kementerian PUPR dan BPJT telah menyelesaikan pembangunan jalan tol sepanjang 1.400 kilometer. Termasuk tersambungnya Tol Trans Jawa dan dimulainya Tol Trans Sumatra sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Pada periode 2020 – 2024 diharapkan target pembangunan jalan tol sepanjang 1.567 kilometer dapat terwujud. Adapun dari tahun 2020 hingga Mei 2022 telah diselesaikan sepanjang 412 kilometer dan akan menyusul 320 kilometer jalan tol baru yang tersebar di 16 ruas hingga akhir tahun 2022 mendatang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.