Kekuatan Konsumsi China & India Pacu Harga Batu Bara

Di tengah tren meningkatnya konsumsi konsumen utama batu bara dunia, India dan China, harga komoditas emas hitam menguat.

Asteria Desi Kartikasari

27 Sep 2023 - 18.39
A-
A+
Kekuatan Konsumsi China & India Pacu Harga Batu Bara

Alat berat memindahkan batu bara ke dump truck di tambang batubara yang dioperasikan oleh PT Khotai Makmur Insan Abadi di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (13/10/2021). Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis, JAKARTA— Di tengah tren meningkatnya konsumsi konsumen utama batu bara dunia, India dan China, harga komoditas emas hitam menguat. 

Berdasarkan data Bloomberg, harga batu bara ICE Newcastle kontrak November 2023 ditutup menguat 1,47 persen atau 2,4 poin ke level US$166 per metrik ton pada akhir perdagangan Selasa (26/9/2023). Sementara sepanjang bulan ini, harga batu bara menguat 1,78 persen. 

Sementara batu bara untuk kontrak September, harga ditutup menguat 0,25 poin di level harga US$160,35 per metrik ton. Kepala riset komoditas Noble Research Rodrigo Echeverri, seperti dikutip Reuters Rabu (27/9/2023), mengatakan impor batu bara ke China diperkirakan naik 100 juta ton ke rekor 329 juta ton sepanjang tahun 2023, dan diproyeksi akan terus meningkat pada 2024. “Impor akan naik lagi 49 juta ton,” kata Echeverri di sela-sela Coaltrans Asia 2023 yang digelar di Nusa Dua, Bali, 24-26 September 2023.

Presiden Direktur Ombilin Energi mengatakan, para pembeli dari China berpikir bahwa permintaan akan lebih tinggi. Permintaan juga didorong oleh sektor non-listrik, seperti sektor kimia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.