Kekuatan Tentakel Bisnis Lim Hariyanto dari Sawit hingga Nikel

Lim Hariyanto Wijaya Sarwono atau lebih dikenal dengan nama Lim Hariyanto masuk dalam jajaran miliarder berkat Harita Group. Pundi-pundi semakin tebal usai membawa perusahaan sektor nikel IPO.

Asteria Desi Kartikasari

21 Apr 2023 - 12.59
A-
A+
Kekuatan Tentakel Bisnis Lim Hariyanto dari Sawit hingga Nikel

Lim Hariyanto, sosok salah satu orang terkaya di Indonesia. JIBI

Bisnis, JAKARTA—Kala itu tahun 1915, bisnis Harita Group bermula dari toko kelontong yang didirikan oleh sang ayah, Lim Tju King, seorang imigran dari Fujian China. Toko kelontong yang dimaksud dibuka pertama kali di Kalimantan Timur. Setelah ayahnya meninggal, bisnis diambil alih Lim Hariyanto, dan memutuskan untuk terjun ke bisnis kayu.

Lim Hariyanto Wijaya Sarwono atau lebih dikenal dengan nama Lim Hariyanto masuk dalam jajaran miliarder berkat Harita Group. Perusahaan itu kini  memiliki banyak tentakel yang bergerak dibidang yang berbeda. Sektor itu diantaranya mulai dari pertambangan nikel dan bauksit, smelter ferronikel, kilang penyulingan alumina, perkebunan kelapa sawit, ekpedisi, kayu, batu bara hingga properti. 

Dia bersama putranya, Lim Gunawan Hariyanto dan Lim Gunardi Hariyanto memulai perluasan bisnis kayu pada 1980-an dengan membangun Harita Group. Saat itu perusahaan mulai melakukan perdagangan kayu log sampai ke manufaktur kayu lapis pada 1983. 

Harita terdaftar dengan nama PT Tirta Mahakam Resources, yang membuat produk kayu lapis, di Jakarta pada 1999. Lim juga membentuk usaha pertambangan dengan mitra di luar negeri, termasuk produksi emas di Kelian, di Kalimantan Timur, dengan Rio Tinto Plc (RIO).   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kekuatan Tentakel Bisnis Lim Hariyanto dari Sawit hingga Nikel

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.