Kelam Dibalik Gegap Gempita Investasi dan Hilirisasi

Realisasi investasi di upaya hilirisasi meningkat pesat sepanjang 2023, terutama perkara hilirisasi nikel. Terlepas kontroversi penggunaan baterai berbasis nikel dan LFP, nyatanya masih ada sejumlah permasalahan yang menyelimuti upaya ini.

Wibi Pangestu Pratama

25 Jan 2024 - 11.41
A-
A+
Kelam Dibalik Gegap Gempita Investasi dan Hilirisasi

Foto udara pabrik pengolahan nikel milik PT Aneka Tambang Tbk. di Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Senin (24/8/2020). PT Aneka Tambang Tbk. (Antam) mencatat pertumbuhan positif kinerja produksi unaudited komoditas feronikel pada periode triwulan ke-2 tahun 2020 sebesar 6.447 ton nikel dalam feronikel (TNi) atau naik sebesar dua persen dibandingkan kuartal sebelumnya. ANTARA FOTO/Jojon

Bisnis, JAKARTA — Menteri Investasi Bahlil Lahadalia tampak semringah saat memaparkan realisasi investasi 2023 yang berhasil memenuhi ekspektasi Presiden Joko Widodo, yakni mencapai Rp1.418,9 triliun.

Tidak hanya nilai investasi 2023 yang tumbuh 17,5% (year-on-year/YoY), angan-angan hilirisasi pun terealisasikan melalui berbagai kesepakatan. Realisasi investasi hilirisasi secara keseluruhan mencapai Rp375,4 triliun atau setara 26,5% dari total investasi tahun lalu.

Sepanjang 2023, investasi smelter tercatat mencapai Rp216,68 triliun, dengan 63% di antaranya atau Rp136,6 triliun merupakan investasi smelter nikel. Bahlil langsung memberi catatan, bahwa hilirisasi yang digenjot ke depannya bukan hanya nikel.

"Jadi, sekali lagi bahwa yang kita bangun smelter itu bukan hanya nikel, ini buktinya. Memang ke depan kita perlu dorong di sektor perikanan dan pertanian, kehutanan lebih masif lagi," ujar Bahlil, Rabu (24/1/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kelam Dibalik Gegap Gempita Investasi dan Hilirisasi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.